Pengadilan Inggris Gunakan Hukum Islam untuk Menyelesaikan Sengketa Pernikahan

7756
Pengadilan Inggris Gunakan Hukum Islam untuk Menyelesaikan Sengketa Pernikahan

Moslemtoday.com : Pengadilan Inggris menggunakan hukum Islam untuk menyelesaikan kasus sengketa pernikahan. Ini adalah untuk pertama kalinya dalam sejarah peradilan Inggris, Hakim membuat keputusan berdasarkan hukum Islam.

Pengadilan Tinggi memutuskan bahwa pernikahan secara Islam oleh pasangan muslim di negara itu telah diakui di bawah hukum perkawinan Inggris meskipun belum diakui secara resmi menurut undang-undang negara tersebut.

Keputusan itu diambil ketika pasangan muslim, Nasreen Akhtar dan suaminya Mohammed Shabaz Khan terlibat sengketa perceraian dan membawa kasusnya ke Pengadilan Inggris. Namun pengadilan tidak dapat memproses kasus tersebut karena tidak ada dalam hukum perkawinan Inggris.

Hakim kemudian merujuk kepada Hukum Islam untuk menyelesaikan sengketa pernikahan mereka. “Hukum Islam harus digunakan untuk pasangan itu, karena pasangan itu yang menikah pada tahun 1998, hidup sebagai suami-istri, saling memahami satu sama lain dan memiliki harapan yang sama dengan hukum pernikahan Inggris,” kata Hakim, seperti dilansir dari The Telegraph, Sabtu, (4/8/2018).

Keputusan ini akan memiliki implikasi yang signifikan bagi pasangan yang menikah secara Islam. Dengan adanya keputusan ini, sengketa pasangan muslim yang tidak diakui menurut hukum Inggris dapat menggunakan hukum Islam untuk menyelesaikan kasus persengketaan mereka, seperti : pernikahan dan perceraian.

Hazel Wright, seorang pakar hukum di Hunters Solicitors mengatakan: “Undang-undang tentang kohabitasi di negara ini sudah ketinggalan zaman dan tidak memuaskan.”

“Sekarang mereka yang berada di luar lingkup hukum Inggris dapat mencari kompensasi di pengadilan jika pasangan mereka memiliki masalah terkait dengan keagamaan mereka meskipun pernikahan mereka tidak terdaftar secara hukum Inggris,” ungkapnya. (DH/MTD)

Sumber : The Telegraph | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here