Penjelasan Hakim Wahyu ke PN Jaksel soal Video ‘Bocorkan Vonis’ Sambo

215

Moslemtoday.com : Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) telah melakukan klarifikasi ke Hakim Wahyu Iman Santoso terkait video viral yang disertai narasi bocorkan vonis Ferdy Sambo. Wahyu merupakan Ketua Majelis Hakim yang mengadili Sambo dkk dalam kasus pembunuhan Brigadir N Yosua Hutabarat.

“Bahwa video hanyalah potongan atau editan yang ternyata setelah kami klarifikasi kepada beliau telah tidak secara utuh menampilkan pernyataan,” kata Humas PN Jaksel Djuyamto kepada wartawan, Jumat, 6 Januari 2023 seperti dilansir dari Detikcom.

Djumyanto mengungkapkan bahwa Hakim Wahyu hanya menjelaskan secara normatif hukuman dalam kasus pembunuhan berencana.

“Bahwa dalam pernyataan sebenarnya, beliau hanya berbicara secara normatif, yaitu terkait ancaman pidana pada pembunuhan berencana adalah pidana mati, seumur hidup maupun 20 tahun penjara,” ujarnya.

Dia juga menyebut narasi dalam video viral itu sangat menyesatkan. Alasannya, proses persidangan saat ini masih di tahan pemeriksaan sehingga belum ada tuntutan apalagi vonis.

“Bahwa narasi ataupun caption dalam tayangan video TikTok tersebut yang menyebutkan adanya pembocoran atau pengaturan putusan adalah sangat menyesatkan karena persidangan perkara dimaksud masih tahap pembuktian, sehingga majelis hakim sama sekali belum membahas soal putusan,” ujarnya.

“Bahwa majelis hakim yang dipimpin oleh beliau masih berupaya secara sungguh-sungguh dan profesional dalam menemukan kebenaran materiil (fakta-fakta persidangan), misalnya dengan melakukan pemeriksaan setempat ke tempat kejadian perkara (TKP) atau locus delicti perkara,” ucapnya.

Sumber : Detikcom, Weblink: https://news.detik.com/berita/d-6501719/ini-penjelasan-hakim-wahyu-ke-pn-jaksel-soal-video-bocorkan-vonis-sambo | Redaktur : Hermanto Deli

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here