Pentagon Sebut China Sedang Lirik Indonesia untuk Jadi Pangkalan Militernya

107

Moslemtoday.com : Departemen Pertahanan AS (Pentagon) mengatakan bahwa China sedang berupaya membangun jaringan logistik militernya yang dapat mencakup sebagian besar wilayah di Samudra Hindia dan Pasifik.

“China sedang melirik Myanmar, Thailand, Singapura, Indonesia, Pakistan, Sri Lanka, dan negara-negara lain di Afrika dan Asia Tengah sebagai lokasi fasilitas logistik militernya,” kata Pentagon kepada Kongres AS tentang perkembangan kekuatan militer China pada tahun 2020, seperti dilansir dari Nikkei, Jumat, (4/9/2020).

“China telah membuat tawaran ke Namibia, Vanuatu dan Kepulauan Solomon. Hal ini menunjukkan keinginan China untuk bertindak secara global,” tambah Pentagon. Pentagon mengungkapkan bahwa China telah membuka pangkalan militer pertamanya di luar negeri pada tahun 2017 di Djibouti, Afrika Timur.

Sementara itu, China mengatakan bahwa pangkalan di Djibouti merupakan satu-satunya pangkalan militer China di luar negeri. Beijing mengatakan bahwa pangkalan tersebut sebagai basis dukungan untuk tujuan seperti bantuan kemanusiaan dan misi pengawalan.

“Kehadiran militer China di Djibouti memberi Beijing kemampuan untuk mempengaruhi investasi China dan infrastruktur di kawasan Afrika. Saat ini ada 1 juta warga China di Afrika dan 500.000 di Timur Tengah,” ungkap Pentagon.

Perkembangan ini menunjukkan bahwa China sedang mempersiapkan upaya yang lebih langsung untuk membuat pangkalan militernya di luar negeri untuk mengimbangi hegemoni pangkalan militer AS. (DH/MTD)

Sumber : Nikkei | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here