Penunjuk Jalan ke Kedubes AS Mulai Dipasang di Kota Jerusalem

626

Moslemtoday.com : Israel mulai memasang rambu-rambu penunjuk jalan bertuliskan kata-kata “Kedutaan Besar AS” di beberapa ruas jalanan di Kota Jerusalem menjelang peresmian Kantor Diplomatik tersebut pekan depan yang direncanakan pada tanggal 14 Mei mendatang.

Tanda penunjuk jalan tersebut dibuat dalam bahasa Ibrani, Arab dan Inggris. Para pekerja mulai memasang rambu-rambu tersebut di sepanjang jalan menuju gedung konsulat AS di selatan Kota Jerusalem yang diubah menjadi kantor Kedutaan Besar AS untuk Israel, seperti dilansir dari Al Jazeera, Senin, (7/5/18).

“Ini bukan mimpi. Ini menjadi kenyataan. Saya bangga berkeliling melihat rambu-rambu ini untuk persiapan peresmian Kedutaan Besar AS,” kata Nil Barkat, pejabat walikota Israel, seperti dikutip dari Reuters. 

Pemindahan Kedubes AS dari Tel Aviv ke Kota Jerusalem merupakan perwujudan janji Presiden AS Donald Trump setelah menyatakan Kota tersebut sebagai ibukota Israel. Pengakuan Trump tersebut mendapatkan protes di seluruh dunia, khususnya negara-negara Muslim.

Kota Jerusalem atau dikenal juga dengan nama “Al-Quds Al-Sharif” : baik orang Israel maupun Palestina mengklaim kota ini sebagai ibukota mereka. Namun kedua klaim tersebut tidak ada satupun yang mendapat pengakuan secara luas dari dunia internasional.

Jerusalem Barat : Tanah Palestina yang saat ini berada dalam kontrol penuh Israel yang direbut dalam perang Arab-Israel 1948 dan mengusir lebih dari 750.000 orang Palestina dari wilayah tersebut. Israel membangun lembaga-lembaga pemerintahan utamanya di kota ini, seperti : Tempat kediaman presiden, kantor-kantor pemerintah, mahkamah agung dan parlemen (Knesset).

Jerusalem Timur : Tanah Palestina yang saat ini berada dalam kontrol Pemerintah Otoritas Palestina. Wilayah ini mencakup Kota Tua yang merupakan tempat-tempat suci agama Yahudi, Kekristenan, dan Islam, seperti Bukit Bait, Tembok Ratapan, Masjid Al-Aqsa, dan Gereja Makam Kudus. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera, Reuters | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here