Peringatkan Iran, Uni Eropa Ancam Keluar dari Kesepakatan JCPOA 2015

858

Moslemtoday.com : Uni Eropa memperingatkan Iran bahwa mereka akan menarik diri dari kesepakatan nuklir JCPOA 2015 jika Teheran terus melanggar ketentuan-ketentuan dari kesepakatan tersebut. Inggris, Prancis dan Jerman mengatakan telah sepakat mengirim peringatan ke Iran.

Komisi pengawas nuklir PBB menunjukkan bahwa Iran telah melakukan pelanggaran lebih lanjut dari perjanjian nuklirnya dengan kembali memperkaya uranium dengan sentrifugal canggih, dan berencana untuk menginstal lebih banyak mesin-mesin canggih tersebut.

“Setelah mekanisme perselisihan kesepakatan diterbitkan, penandatangan dan Iran akan memiliki waktu 30 hari untuk menjawab bukti-bukti yang telah diajukan,” ungkap pernyataan Uni Eropa, seperti dilansir dari Al Arabiya, Sabtu, (28/9/2019).

Sementara itu, Iran telah berulang kali mengatakan akan terus meningkatkan kegiatan nuklirnya kecuali jika negara-negara Eropa berbuat lebih banyak untuk melindungi ekonominya dari dampak sanksi AS.

Presiden Donald Trump menegaskan bahwa AS tidak akan mencabut sanksi yang dikenakan pada Teheran.

Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan dalam pidatonya di Majelis Umum PBB pekan ini bahwa Iran “hanya mendengar kata-kata indah” dari negara-negara Eropa.

“Sekarang menjadi jelas bagi semua bahwa Amerika Serikat kembali ke komitmennya dan Eropa tidak mampu dan tidak mampu memenuhi komitmennya,” kata Rouhani saat berbicara tentang kesepakatan nuklir di Majelis Umum PBB. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here