Peringatkan Turki, Pompeo : F-35 AS Tidak Bisa Digunakan Bersama S-400 Rusia

144

Moslemtoday.com : Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo memperingatkan Turki bahwa Jet tempur F-35 buatan Amerika tidak bisa digunakan bersama dengan sistem rudal S-400 Rusia. Peringatan itu disampaikan AS menyusul rencana Erdogan yang ingin membeli S-400 Rusia.

“Jet tempur F-35 buatan Amerika tidak dapat beroperasi di wilayah udara yang sama dengan sistem rudal S-400 Rusia. Tidak mungkin untuk menerbangkan keduanya di saat yang sama,” kata Mike Pompeo, seperti dilansir dari Middle East Monitor, Kamis, (11/4/2019).

Pompeo mengatakan AS telah menyampaikan “tantangan teknis” ini ke Turki melalui saluran diplomatik dan militer.

Washington memperingatkan Ankara tentang pembelian sistem S-400 Rusia dan disaat bersamaan menangguhkan pengiriman suku cadang dan layanan lain yang terkait dengan jet F-35 ke Turki.

Para pejabat AS menyarankan Turki untuk membeli sistem rudal F-35 daripada S-400 Rusia dengan alasan S-400 tidak sesuai dengan standar NATO. Sebagaimana diketahui juga bahwa Turki merupakan anggota NATO.

Pompeo mengisyaratkan kemungkinan sanksi terhadap Turki melalui undang-undang NATO dan memperingatkan Turki tentang kesepakatan tersebut.

Pompeo mengatakan kesepakatan untuk sistem pertahanan udara Amerika sekarang masih bisa didiskusikan dan bahwa AS juga mengakui peran Turki dalam program F-35.

“Kami telah menjelaskan kepada orang-orang Turki sejelas mungkin, mereka membangun komponen penting dari F-35. Tidak hanya mereka pembeli dan pelanggan, tetapi mereka adalah bagian dari rantai pasokan untuk F-35,” kata Pompeo.

Turki pertama kali bergabung dengan Program F-35 Joint Strike Fighter pada tahun 2002 dan telah menginvestasikan lebih dari $ 1,25 miliar. Turki juga memproduksi berbagai suku cadang pesawat untuk semua varian dan pelanggan F-35.

Perusahaan-perusahaan Turki telah memasok program F-35 dengan komponen-komponen utama, termasuk struktur badan pesawat dan kendali. (DH/MTD)

Sumber : Middle East Monitor | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1440 Hjr. (2019) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here