Persiapkan Kader Ulama Masa Depan, Islamic Center Dar el-Iman Memulai Pembangunan Tahap I

822

Moslemtoday.com : Persiapkan Kader Ulama Masa Depan, Yayasan Dar el-Iman Padang memulai pembangunan gedung Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat Tahap I, untuk tahap pertama ini dimulai dengan pembangunan gedung pertama yaitu satu lantai sebanyak 8 lokal, yang dalam rencana akan dibangun gedung dengan 3 lantai. Islamic Center ini berlokasi di Jalan Gunuang Juaro RT. 02 RW. 01 Kel. Surau Gadang, Nanggalo, Kota Padang.

Semenjak peletakan batu pertama pada bulan Mei 2013, 3 tahun yang lalu yang diresmikan oleh Bpk. Dr. Patrialis Akbar, SH, MH dan Walikota Padang pada saat itu, Bpk. Fauzi Bahar, M.Si, sampai sekarang pihak yayasan terus mengumpulkan wakaf dari kaum muslimin untuk segera terlaksananya pembangunan Islamic Center ini. Alhamdulillah dipertengahan tahun 2016 ini di bulan september, pembangunan Tahap I Islamic Center dapat dilaksanakan.

“Kita patut memberikan apresiasi kepada Yayasan Dar el-Iman yang telah mengembangkan pendidikan Islam Terpadu. Diharapkan dari tempat ini akan lahir ulama-ulama besar seperti tokoh-tokoh terdahulu yang menjadi ulama besar dari Sumatera Barat,” ujar Bpk. Patrialis Akbar saat memberikan sambutan pada acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Islamic Center tersebut beberapa tahun lalu, demikian dikutip dari dokumentasi Antara News.

“Untuk itu, pembangunan ini merupakan momen penting dan merupakan sebuah kesempatan emas bagi Perantau-perantau Minang dimana saja berada untuk ikut membangun kampung halaman”, ungkap Bpk. Patrialis Akbar.

Hal senada juga disampaikan oleh Walikota Padang saat itu, Bpk. Fauzi Bahar, M.Si, Ia sangat optimis bahwa pembangunan Islamic Center ini akan sangat berguna untuk penegakan akidah di Kota Padang. “Saya sangat mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak-pihak dan donatur yang telah membantu berjalannya pembangunan Islamic Center ini, saya sangat kagum dengan murid-murid dari SDIT Dar el-Iman ini, yang telah hafal 3 Juz Al-Quran padahal masih duduk di kelas 2. Memang inilah target kita di Kota Padang, menjadi Kota Penghafal Al-Quran, ternyata ini dilaksanakan dengan baik oleh Dar el-Iman ini”, kata Walikota Padang.

Sementara itu, Ketua Yayasan Dar el-Iman, Ustadz Muhammad Elvi Syam menyampaikan bahwa Islamic Center ini akan dibangun dengan Sistem Pendidikan Islam Terpadu sejak jenjang pendidikan kanak-kanak sampai Perguruan Tinggi berlandaskan Al-Quran dan As-Sunnah. Alhamdulillah pada saat sekarang ini, sudah berjalan beberapa lembaga pendidikan Dar el-Iman di Kota Padang, seperti : TKIT Dar el-Iman, SDIT Dar el-Iman, SMPIT Dar el-Iman, Pondok Pesantren Tahfizh Dar el-Iman dan Lembaga Pendidikan Bahasa Arab Dar el-Iman.

Meskipun demikian, Islamic Center ini nantinya juga tidak akan kalah dalam ilmu teknologi dan IT pada zaman sekarang. Alhamdulilah pada saat ini Yayasan telah diberi amanah dan kepercayaan untuk mengelola station radio RAY FM Padang dan TV Dakwah, “Surau TV” yang bisa dinikmati melalui TV Parabola di Satelit Palapa dan juga dapat diakses melalui Android/Smartphone. Di samping itu, Yayasan Dar el-Iman dalam penerimaan murid baru setiap tahun-nya sudah memiliki sendiri dan melaksanakan Sistem Pendaftaran Berbasis Online, yang dapat diakses dialamat : http://psb.dareliman.sch.id.

Di samping itu, Islamic Center ini nantinya juga akan menjadi Pusat Kajian dan Studi Islam dan menjadi tempat pelatihan Da’i dan Kader Ulama/Muballigh yang mana pada saat ini masih banyak daerah-daerah di Sumatera Barat yang mengalami kekurangan Da’i/Muballigh, sehingga ini perlu menjadi perhatian kita bersama.

Video Dokumentasi Peletakan Batu Pertama Pembangunan Islamic Center Dar el-Iman Tahun 2013 :

(Divisi Humas Yayasan Dar el-Iman Padang)

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here