Pertemuan Liga Arab, Menlu Saudi : “Jerusalem ibukota Palestina sudah final dan tidak berubah”

797

Moslemtoday.com : Para Menteri Luar Negeri negara-negara Arab mengadakan pertemuan di Yordania pada hari Sabtu kemarin untuk mengambil sikap bersama menentang keputusan Presiden AS Donald Trump yang menyatakan Jerusalem sebagai ibukota Israel.

Setelah pertemuan tersebut, Menteri Luar Negeri Saudi Adel al-Jubeir mengatakan bahwa pendirian kerajaan Arab Saudi mengenai Jerusalem sebagai ibukota Palestina adalah sudah final dan tidak akan pernah berubah.

“Kami telah mengajukan proposal penting mengenai tindakan bersama untuk melawan keputusan Amerika, untuk mendukung posisi Palestina dengan Jerusalem sebagai ibukota dan menegaskan posisi Arab dan Islam di Al-Quds (Jerusalem),” ungkap Al Jubeir dalam konferensi pers, seperti dilansir dari Saudi Press Agency, Ahad, (7/1/18).

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Al-Safadi juga mengatakan bahwa tidak ada keamanan di wilayah tersebut tanpa mendirikan negara Palestina merdeka dengan Jerusalem sebagai ibukotanya.

Safadi menegaskan bahwa Yordania dengan tegas menolak keputusan AS mengakui Jerusalem sebagai ibukota Israel. Safadi menambahkan bahwa Liga Arab akan bekerja sama untuk mendapatkan pengakuan dunia internasional atas Negara Palestina dengan Jerusalem sebagai ibukotanya.

Liga Arab menugaskan Yordania untuk berkomunikasi dengan negara-negara lain mengenai isu Jerusalem.

Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmed Aboul Gheit, yang juga turut menghadiri pertemuan tersebut, mengatakan bahwa wajib untuk berkomitmen pada referensi proses perdamaian.

Pertemuan yang diadakan di Amman tersebut dihadiri oleh menteri luar negeri Yordania, Palestina, Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab dan Maroko.

Safadi menambahkan bahwa Liga Arab memiliki tiga tujuan utama, termasuk membatalkan keputusan Trump. “Menurut hukum internasional, Jerusalem adalah tanah yang diduduki secara ilegal oleh Israel.” (DH/MTD)

Sumber : Saudi Press Agency, Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here