Perundingan Damai Suriah Putaran Kedelapan Digelar di Astana, Kazakhstan

480

Moslemtoday.com :  Delegasi dari pemerintah Suriah dan beberapa kelompok oposisi tiba di ibukota Kazakhstan, Astana, untuk perundingan damai yang dipelopori oleh Rusia, Turki, dan Iran .

“Delegasi negara penjamin zona de-eskalasi di Suriah telah tiba di Astana untuk berpartisipasi dalam putaran pembicaraan berikutnya,” ungkap kementerian luar negeri Kazakhstan, seperti dilansir dari Al Jazeera, Rabu, (20/12/17).

Pertemuan yang dimulai pada hari Kamis besok dan berakhir hari Jumat, terjadi saat kekerasan terus berlanjut di negara yang dilanda perang berkepanjangan tersebut.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan bahwa serangan udara dilaporkan telah menewaskan 19 orang – termasuk tujuh anak – di markas pemberontak di provinsi Idlib pada Rabu malam.

Provinsi yang berbatasan dengan Turki adalah bagian dari perjanjian “de-eskalasi” yang ditengahi Rusia yang bertujuan untuk mendukung gencatan senjata di beberapa bagian wilayah Suriah barat.

Kementerian luar negeri Kazakhstan mengatakan putara kedelapan perundingan Astana diharapkan dapat menjamin berfungsinya zona de-eskalasi. Fokusnya pada pembebasan tahanan, pemindahan mayat, dan pencarian korban yang hilang.

Beberapa zona de-eskalasi disetujui di daerah-daerah yang dikuasai oposisi terutama di negara tersebut selama pertemuan sebelumnya, dengan Rusia, Turki , dan Iran bertindak sebagai penjamin.

Perundingan di Astana berlangsung seminggu setelah sebuah konferensi yang disponsori PBB mengenai masa depan Suriah di kota Jenewa, Swiss gagal untuk memecahkan kebuntuan antara pihak oposisi dan pemerintah Suriah.

Perang Suriah telah berlangsung hampir tujuh tahun yang telah menewaskan ratusan ribu warga Suriah dan jutaan pengungsi dalam krisis kemanusiaan terbesar. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera
Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.