Pesan Saudi pada Iran : Ubah Sikap, Baru Kita Bicara!!

170

Moslemtoday.com : Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud menegaskan bahwa Iran harus mengubah sikapnya terlebih dahulu sebelum memulai pembicaraan untuk meredakan ketegangan antara kedua negara.

“Pesan Kerajaan cukup jelas. Iran harus mengubah perilakunya terlebih dahulu sebelum sesuatu dibahas,” kata Pangeran Faisal saat diskusi panel pada Konferensi Keamanan Munich (MSC) ke-56 di Munich, Jerman selatan, seperti dilansir dari Al Arabiya, Senin, (17/2/2020).

“Sampai kita dapat berbicara tentang sumber nyata ketidakstabilan itu, pembicaraan akan menjadi tidak produktif,” tambah Pangeran Faisal.

Menanggapi pertanyaan tentang apakah telah ada perubahan dalam pendekatan Kerajaan ke Yaman, Pangeran Faisal mengatakan: “Ini bukan perubahan dari pihak Saudi yang sebenarnya kita lihat setelah serangan September pada fasilitas minyak kita di mana Iran menyerang fasilitas itu tetapi kemudian mereka meminta Houthi untuk menyalahkannya, dan saya pikir mengirimkan peringatan kepada Houthi bahwa mereka bukan mitra dengan Iran tetapi mereka adalah alat bagi rezim Iran untuk digunakan sesuai keinginan mereka.”

“Ada beberapa eskalasi baru-baru ini tetapi kami berkomitmen untuk menemukan jalan ke depan jika Houthi bersedia memusatkan perhatian mereka pada kepentingan Yaman,” kata Pangeran Faisal.

“Jadi pesan kami selalu konsisten dengan Houthi dan semua pihak di Yaman bahwa Anda harus bekerja untuk memperbaiki Yaman dan untuk kepentingan Yaman kita mungkin berbeda pada apa yang menjadi kepentingan terbaik Yaman tetapi itu adalah argumen itu lebih berharga daripada menggerakkan agenda para pemain regional.”

Pangeran Faisal menambahkan : “Sejak intervensi kami di Yaman, kami selalu mengatakan bahwa kami mendukung resolusi politik, kami menyukai setiap dialog politik apakah itu … oleh Martin Griffiths atau pendahulunya dan kami akan terus mendukung itu.” (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here