Petinggi PSI Satu Persatu Mundur dari Partai, Dua Terang-terangan Dukung Anies Baswedan

188

Moslemtoday.com : Sejumlah pentolan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) memutuskan mengundurkan diri dari partai sepanjang tahun ini. Beberapa kader memilih keluar karena sudah tak sejalan dengan langkah politik partai.

Teranyar, politikus Rian Ernest yang memutuskan mundur dari partai yang kini dipimpin Giring Ganesha. Setidaknya ada enam kader PSI yang keluar dari partai.

Berikut daftar sejumlah kader pentolan PSI yang memutuskan keluar:

Rian Ernest

Rian Ernest memutuskan mundur dari PSI. Ia meyakini keputusannya tersebut sudah benar untuk langkah politiknya ke depan. Saat mengundurkan diri, Rian menjabat sebagai Direktur Advokasi dan Bantuan Hukum di PSI.

“Melalui video ini saya menyatakan pengunduran diri saya dari PSI. Meski berat saya meyakini inilah keputusan yang benar demi langkah politik saya ke depannya,” ujar Rian dalam sebuah video yang diunggah dalam akun Facebooknya, Kamis (15/12/2022).

Rian mengucapkan terima kasih kepada para elite dan seluruh jajaran PSI di tingkat pusat dan daerah. Ia berharap para politikus PSI masih bisa mendukung dan memberikan masukan terkait jalan politiknya.

“Meski mundur dari PSI, perjuangan saya tak berhenti,” kata Rian.

Tsamara Amany

Tsamara Amany mengundurkan diri sebagai kader dan pengurus PSi. Pengumuman tersebut disampaikan melalui channel YouTube pribadinya pada Senin (18/4/2022).

“Selama lima tahun sebagai Ketua DPP, per hari ini, 18 April 2022 saya memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai pengurus dan kader PSI,” ujar Tsamara.

Tsamara mengatakan keputusannya untuk mundur dari PSI berdasarkan pertimbangan pribadi.

“Saya tetap percaya sebagaimana saat dulu saya bergabung psi, politik dan partai adalah salah satu jalan paling masuk akal membawa perubahan dalam skala besar,” katanya.

Tsamara mulai dikenal publik sejak terjun ke dunia politik bersama PSI pada Pemilu 2019. Tsamara kala itu menjabat sebagai Ketua DPP PSI.

Tsamara semakin vokal di kancah politik Indonesia berkat perannya sebagai salah satu juru bicara pasangan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin di Pilpres 2019.

Michael Victor Sianipar

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PSI DKI Jakarta Michael Victor Sianipar juga mengundurkan diri. Menurut Michael, perjuangan politiknya sudah tak dapat dilanjutkan di PSI.

“Saya bergabung di PSI sejak tahun 2015, dan pernah juga menjadi pengurus dari tingkat kota hingga DPP. Banyak hal yang sudah saya lakukan bersama rekan-rekan di PSI. Namun dengan berat hati, sudah saatnya saya mengundurkan dari dari partai yang saya cintai ini,” kata Michael dalam keterangan tertulis, Senin (5/12/2022).

Michael adalah ketua PSI di provinsi Jakarta sejak 2017. Sebelumnya, Michael pernah menjabat Ketua PSI Jakarta Pusat pada 2015-2017 dan pengurus DPP PSI pada 2021-2022.

Michael enggan menjelaskan tujuan selanjutnya setelah mengundurkan diri dari PSI.

Azmi Abubakar

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Banten Azmi Abubakar memutuskan mengundurkan diri dari partai yang dipimpin Giring Ganesha itu.
“Benar saya mundur dari PSI. Bagi saya sudah waktunya mengambil keputusan tersebut, agar saya dapat menata langkah berikutnya,” kata Azmi saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (2/9/2022).

Azmi tak menjelaskan secara gamblang alasannya mundur dari PSI. Ia hanya mengatakan saat ini dirinya masih tetap berpartisipasi di ranah politik.

“Saat ini saya ingin mempertimbangkan dahulu langkah apa yang akan saya kerjakan. Belum ada pilihan untuk partai. Saat ini saya sedang aktif di kegiatan Museum Tionghoa yang saya miliki,” ujarnya.

Sunny Tanuwidjaja

Sunny Tanuwidjaja juga mundur dari jabatan Sekretaris Dewan Pembina PSI. Ketua DPP PSI Isyana Bagoes Oka menjelaskan Sunny keluar dari PSI sejak tahun lalu.

“Bro Sunny Tanuwidjaja telah mundur dari jabatan sebagai Sekretaris Dewan Pembina PSI sejak setahun lalu karena berbeda jalan politik,” kata Isyana saat dikonfirmasi, Selasa (28/6) malam.

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie mengatakan Sunny Tanuwidjaja mundur karena mendukung sosok Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden.

Grace tak ingat pasti kapan Sunny menyampaikan itu. Grace hanya menyatakan bahwa Sunny sudah tak sejalan dengan sikap politik PSI.

“Soal sudah atau akan (mendukung Anies), saya enggak ingat detail. Intinya begitu (Sunny mengaku dukung Anies),” kata Grace saat dihubungi, Rabu (29/6).

Surya Tjandra

Surya Tjandra mengaku telah meninggalkan PSI. Surya mengatakan bakal mendukung dan membantu eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi capres.

“Sudah (ninggalin partai). Yang jelas saya belum ke partai mana pun sekarang. Saya mau bantuin Pak Anies sampe tuntas,” ujar Surya dalam diskusi Total Politik bertajuk ‘5 Tahun Anies Sudah Sampai Mana?’ di Kantor Total Politik, Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Minggu (23/10).

Mantan wakil menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/BPN itu mengaku sudah mendapat beberapa tawaran dari sejumlah partai untuk bergabung

Namun, ia tidak menutup kemungkinan akan bergabung dengan partai yang mendukung Anies.

“Ada beberapa (tawaran) saya hargai dan kita sempet ketemuan juga tapi sementara belum sampe fix dulu Pak Anies bisa nyapres atau enggak,” katanya.

Sumber : CNNIndonesia.com, Detikcom

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here