Petugas Indonesia Juga Bantu Jamaah Malaysia Antar ke Hotel Penginapan

827

Moslemtoday.com : Petugas haji Indonesia yang tergabung di Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi didoktrin untuk komit terhadap tugas pelayanan, perlindungan, dan pembinaan kepada jemaah. Tugas itu faktanya tidak hanya berlaku bagi jemaah haji Indonesia, tapi juga negara lainnya, termasuk Malaysia.

Adalah Mustafa, jemaah asal Malaysia ini tiba di Kantor Misi Haji Indonesia Daker Madinah pada Minggu (30/07) siang, sekitar pukul 14.00 Waktu Arab Saudi (WAS). Mengenakan sarung dengan berkemeja biru dan beci putih,  kakek ini diantar warga setempat ke Kantor Daker Madinah karena ditemukan bingung arah jalan pulang ke hotel.

Selain dari logat Bahasa, Mustafa teridentifikasi petugas sebagai jemaah Malaysia dari kalung dan identitas yang dikenakannya. “Oh Indonesie, bukan Malaysie?” katanya saat tahu kalua dia berada di Kantor Misi Haji Indonesia.

Petugas Perlindungan Jemaah (Linjam) Daker Madinah lalu membawa Mustafa masuk ke dalam kantor. Dia menawari makan tapi Mustafa menolak karena sudah makan.

Dari identitas yang ada dan juga wawancara, diketahui kalua Mustafa berasal dari Kelantan. Dia pergi berhaji seorang diri karena istrinya sudah berhaji lebih dahulu pada 2014 lalu.

Mustofa berusia 70 tahun. Dia baru tiba di Madinah hari ini dan tinggal di zona 3. Dia mengaku belum hapal arah pulang ke hotel dari Masjid Nabawi dan akhirnya di antar ke Kantor Misi Haji Indonesia.

Setelah beristirahat sejenak, Mustafa lalu di antar ke hotel tempatnya menginap. “Kuat bapak ini. Panas seperti ini, masih terlihat segar,” kata Anshori mengomentari kondisi Mustafa.

Suhu luar ruangan di Madinah saat ini mencapai 45 celsius kalau siang hari. Cuaca seperti ini diperkirakan akan terasa sepanjang musim haji tahun ini.

Sumber : Kemenag.go.id

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here