Pew Research Center : “Islam Akan Menjadi Agama Terbesar Kedua di Amerika Serikat”

1017
Muslims pray on New York City’s Madison Avenue. (AP Photo / Emile Wamsteker)

Moslemtoday.com : Perdebatan politik terbaru mengenai imigrasi Muslim dan isu-isu terkait telah mendorong banyak orang untuk bertanya berapa banyak Muslim yang tinggal di Amerika Serikat?

Tapi untuk menjawab pertanyaan itu bukan sesuatu yang mudah, karena Biro Sensus Amerika Serikat tidak mengajukan pertanyaan tentang agama, yang berarti tidak ada jumlah resmi pemerintah mengenai populasi Muslim di AS.

Namun, berdasarkan survei dan penelitian demografis yang dilakukan Pew Research Center memperkirakan bahwa ada sekitar 3,45 juta Muslim dari semua umur yang tinggal di AS pada tahun 2017, dan bahwa Muslim menghasilkan sekitar 1,1% dari total populasi AS saat ini.

Muslim di AS memang tidak sebanyak jumlah orang Yahudi di Amerika. Pada saat yang sama, proyeksi menunjukkan bahwa populasi Muslim AS tumbuh lebih cepat daripada populasi Yahudi di negara tersebut.

Pada tahun 2040, umat Islam akan menggantikan orang-orang Yahudi sebagai kelompok agama terbesar kedua setelah umat Kristen. Dan pada tahun 2050, populasi Muslim AS diproyeksikan mencapai 8,1 juta , atau 2,1% dari total populasi negara – hampir dua kali lipat dari hari ini.

Muslim tidak merata di seluruh negeri. Beberapa kota utama, seperti Washington, DC, memiliki komunitas Muslim yang cukup besar. Demikian juga, beberapa negara bagian, seperti New Jersey, adalah rumah bagi dua atau tiga kali lipat jumlah orang dewasa Muslim secara nasional. Tapi ada juga negara bagian dengan jumlah Muslim yang jauh lebih sedikit.

Sejak perkiraan pertama dari ukuran populasi Muslim Amerika, jumlah Muslim AS telah berkembang pesat, meskipun dari basis yang relatif rendah. Ketika pertama kali melakukan studi tentang Muslim Amerika pada tahun 2007, diperkirakan bahwa ada 2,35 juta Muslim dari segala usia (termasuk 1,5 juta orang dewasa) di AS.

Pada tahun 2011, jumlah Muslim telah berkembang menjadi 2,75 juta (termasuk 1,8 juta orang dewasa) . Sejak saat itu, populasi Muslim terus tumbuh pada tingkat kira-kira 100.000 per tahun, didorong oleh tingkat kesuburan yang lebih tinggi di kalangan Muslim Amerika dan juga migrasi orang-orang Muslim ke AS yang terus berlanjut.

Kekristenan sejauh ini merupakan agama terbesar di Amerika Serikat dari berbagai denominasi yang berbeda dan mewakili sekitar 71 persen populasi AS. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera, Pew Research Center | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here