Pihak WO Gunakan Pawang Hujan di Pernikahan Kaesang-Erina: Upaya-upaya Kearifan Lokal

47
Ilustrasi Pawang Hujan. Sumber Gambar: Google.com

Pihak wedding organizer mengakui menggunakan pawang hujan untuk pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Hal itu demi mengantisipasi kondisi cuaca yang bisa mengganggu keberlangsungan acara akad nikah hari ini, Sabtu (10/12/2022).

“Iya ada. Upaya-upaya kearifan lokal tetap [dilakukan],” kata Dani Wigung selaku perwakilan WO sekaligus koordinator acara pernikahan Kaesang dan Erina, seperti dilansir dari CNNIndonesia.com.

Oleh sebab itu, ia meminta keluarga calon pengantin, Kaesang dan Erina, tidak merisaukan hal-hal lain di luar rangkaian acara pernikaha, termasuk potensi masalah cuaca di tenag musim penghujan belakangan ini.

Keluarga dan calon pengantin diharapkan hanya berkonsentrasi dalam menjalankan prosesi supaya acara berjalan dengan baik dan sesuai dengan ekspektasi.

“Agar tidak ter-distract. Kalau memang di hari H kok ternyata ada sesuatu terjadi di luar ekspektasi kita, pasti akan ada plan berikutnya,” tuturnya.

“Manusia itu mampu beradaptasi, segala sesuatu akan bisa dilakukan (dengan beradaptasi). Jadi saya lebih baik konsentrasikan saja pada hal-hal positif,” lanjut Dani.

Ia mengungkapkan tak menutup kemungkinan akan dilibatkan teknologi modifikasi cuaca. Meski begitu, dia tak merinci siapa yang akan dikerahkan untuk tersebut.

“Kemudian mungkin siapa tahu nanti juga dibantu dengan kearifan teknologi. Ada to itu, siapa tahu nanti juga terbantu seperti itu,” ujarnya.

Pernikahan Erina dan Kaesang akan berlangsung hari ini, Sabtu (10/12) di Pendopo Agung Ambarrukmo Yogyakarta pukul 12.00 WIB. Erina akan datang menggunakan kereta kencana.

Acara dimulai dengan pasrah tampi, prosesi penyerahan calon mempelai pria kepada keluarga calon mempelai perempuan. Setelah itu, akad nikah dilakukan.

Acara ditutup dengan panggih pengantin. Erina dan Kaesang akan bersalaman dengan semua tamu yang hadir.

Kakak Erina, Allen Adam Rinaldy Gudono, akan menjadi wali nikah. Sementara itu, saksi pernikahan mereka adalah Mensesneg Pratikno untuk pihak Erina dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk pihak Kaesang.

Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin akan berlaku sebagai khatib nikah Kaesang dan Erina. KUA Kecamatan Depok, Sleman juga dilibatkan dalam pernikahan tersebut.

Kaesang sebelumnya juga telah mengungkapkan bahwa memberikan mahar seperangkat alat salat serta uang tunai Rp300 ribu.

Prosesi puncak berupa ngunduh mantu, kirab dan pesta rakyat, serta tasyakuran akan dilangsungkan di di Pura Mangkunegaran, Solo, keesokan harinya pada Minggu (11/12). Prosesi ini akan ditayangkan di sejumlah televisi nasional, termasuk CNN Indonesia TV.

Sumber : CNNIndonesia.com

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here