PM Kishida: Untuk Menghadapi China, Jepang-AS-Eropa Harus Kompak

63

Moslemtoday.com : Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan Jepang, Amerika Serikat, dan Eropa harus bertindak serempak terhadap China. Hal itu diungkapkannya selama kunjungan yang bertujuan untuk meningkatkan aliansi Tokyo dengan AS dalam menghadapi tantangan yang semakin besar dari Beijing.

“China adalah tantangan utama bagi Jepang dan AS karena visi China untuk tatanan internasional berbeda dari pandangan Tokyo dan Washington dalam beberapa hal yang tidak pernah dapat diterima oleh sekutu”, kata Kishida, seperti dilansir dari Al Jazeera, Sabtu, (14/1/2023).

“Sangat penting bagi Jepang, Amerika Serikat, dan Eropa untuk bersatu dalam mengelola hubungan kita masing-masing dengan China,” tambah Kishida saat menyampaikan pidatonya pada hari Jumat di Johns Hopkins School of Advanced International Studies.

Perang Rusia melawan Ukraina menandai “akhir total” dari tatanan dunia pasca-Perang Dingin dan jika penggunaan kekuatan Moskow “tidak tertandingi, itu akan terjadi di tempat lain di dunia, termasuk Asia.

“Masyarakat internasional berada pada titik balik sejarah. Tatanan internasional yang bebas, terbuka, dan stabil yang telah kami dedikasikan untuk ditegakkan sekarang berada dalam bahaya besar,” ungkap Kishida.

Kishida menegaskan kembali kekhawatiran Jepang tentang aktivitas militer China di dekat pulau yang disengketakan di Laut China Timur – yang dikenal sebagai Kepulauan Senkaku di Jepang dan Kepulauan Diaoyu di China – serta peluncuran rudal balistik China tahun lalu yang mendarat di perairan dekat Jepang.

Sumber : Al Jazeera, Weblink : https://www.aljazeera.com/news/2023/1/14/japan-us-and-europe-must-act-together-on-china-pm-kishida-says | Redaktur : Hermanto Deli

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here