PM Mahathir : Malaysia Tidak Akan Ikut Campur Soal Uighur di Cina

253

Moslemtoday.com : Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengatakan tidak akan ikut campur soal Muslim Uighur di Provinsi Xinjiang Cina tetapi akan menyediakan suaka bagi pengungsi Uighur yang melarikan diri ke Malaysia.

“Masalah penindasan terhadap Islam di seluruh dunia, termasuk Uighur ada dan harus diakui oleh semua pihak,” kata Perdana Menteri Dr Mahathir Mohamad, dikutip dari Malaysiakini, 27 Desember 2019.

Mahathir mengatakan bahwa Malaysia akan membantu Uighur dengan menerima pengungsi Uighur atau mengirim mereka ke negara ketiga.

“Jika Uighur melarikan diri ke Malaysia untuk mencari suaka, Malaysia tidak akan mengekstradisi mereka bahkan jika ada pengajuan dari China (untuk melakukannya),” jawab Mahathir.

“Mereka diizinkan pergi ke negara ketiga karena mereka memiliki ketakutan yang beralasan atas keselamatan mereka, atau kemungkinan perlakuan buruk berdasarkan keyakinan mereka bahwa mereka tidak dilindungi secara adil di negara asal mereka,” kata Mahathir.

Mahathir mengatakan kebijakan luar negeri Malaysia mengambil pendekatan untuk tidak ikut campur dalam urusan internal negara lain. Sebelumnya pemerintah RI juga mengatakan tidak akan ikut campur soal Muslim Uighur di Cina.

Pada September, Mahathir Mohamad mengatakan negara-negara Muslim diam tentang penganiayaan terhadap Uighur karena Cina adalah negara yang sangat kuat.

Sumber : Tempo, Malaysiakini

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here