PM Palestina Rami Hamdallah Mengajukan Pengunduran Diri

47

Moslemtoday.com : Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah mengajukan pengunduran dirinya kepada pemerintahan Otoritas Palestina, Presiden Mahmoud Abbas.

Keputusan Hamdallah mengajukan pengunduran dirinya terjadi dua hari setelah Komite Sentral Fatah merekomendasikan pembentukan pemerintah baru yang terdiri dari perwakilan faksi-faksi di Organisasi Pembebasan Palestina (Fatah) dan tokoh-tokoh independen.

Anggota Komite Sentral Fatah Azzam al-Ahmad mengatakan bahwa Palestina berencana untuk membentuk pemerintahan baru sebagai tanggapan terhadap Hamas yang tidak mau menyerahkan Jalur Gaza ke Otoritas Palestina.

“Kami berencana untuk membentuk pemerintah baru dari faksi-faksi nasional sebagai tanggapan atas kegagalan Hamas untuk melakukan tanggung jawab nasionalnya dalam menyerahkan Jalur Gaza kepada Otorias Palestina yang sah,” kata Azzam al-Ahmad, seperti dilansir dari Times Of Israel, Rabu, (30/1/2019).

Sementara itu dikutip dari Al Jazeera, Presiden Abbas dilaporkan telah menerima pengunduran diri Rami Hamdallah ditengah penolakan Hamas untuk bergabung dengan pemerintah rekonsiliasi nasional. Namun seorang pejabat Hamas disebut mengutuk tindakan itu dan menyebutnya sebagai upaya untuk meminggirkan dan mengeluarkan Hamas dari politik Palestina.

Fatah dan Hamas telah berselisih sejak 2007, ketika Hamas merebut kendali Jalur Gaza dari pemerintahan Otoritas Palestina dan membentuk pemerintahan sendiri. Hingga saat ini, kedua pihak terus berselisih di tengah perjuangan kemerdekaan Palestina. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera, Times Of Israel | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1440 Hjr. (2019) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here