PM Yildirim tekankan pentingnya perdamaian abadi di Suriah

385

Moslemtoday.com : Perdana Menteri Turki Binali Yildirim menekankan pentingnya mewujudkan perdamaian abadi di Suriah dengan membentuk pemerintahan baru.

“Kami telah mengambil inisiatif dengan Rusia dan Iran untuk mengakhiri perang sipil dan kekacauan di Suriah yang telah berlangsung selama 7 tahun,” kata Yildirim di kongres Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) di provinsi Burdur selatan, seperti dilansir dari Anadolu Agency, Senin, (1/1/18).

“Langkah selanjutnya adalah mewujudkan perdamaian abadi. Dengan kata lain, membentuk pemerintahan baru di Suriah, di mana semua kelompok yang tak terlibat terorisme dan semua kelompok etnis akan dimasukkan, dengan mempertimbangkan integritas teritorial,” kata Yildirim.

Sementara itu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa Presiden Suriah Bashar Assad adalah seorang teroris yang memimpin negara, dan tidak mungkin untuk mencari solusi di Suriah jika masih bersamanya.

“Bagaimana kita bisa merangkul masa depan dengan presiden Suriah yang membunuh hampir 1 juta warganya? Sekali lagi, saya jelas ingin mengatakan [Assad] adalah seorang teroris yang memimpin negara. Tidak ada kedamaian di Suriah sekarang jika masih bersama Assad,” ungkap Erdogan, pada konferensi pers bersama dengan Presiden Tunisia Beji Caid Essebsi pekan lalu.

Suriah telah menderita dalam perang sipil berkepanjangan lagi kejam sejak 2011, ketika Rezim Assad menindak keras para demonstran yang menuntut Assad mundur. Sejak itu, ratusan ribu orang terbunuh dan lebih dari 10 juta orang mengungsi, menurut laporan PBB.

Sumber : Anadolu Agency, Daily Sabah | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here