Ponpes Kauman Muhammadiyah Padang Panjang Terima Kunjungan Anggota DPR-RI

32

Padang Panjang, Kauman_Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang mendapat kesempatan dikunjungi oleh salah seorang anggota DPR RI Komisi VIII H. M. Asli Chaidir, SH dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Rabu (27/10/2021).

Bertempat di aula Buya HAMKA Kauman Muhammadiyah, silaturahmi diawali dengan sambutan oleh Dr. Derliana, M.A selaku Mudir menyampaikan bahwa, “rencana pembangunan asrama putra pondok pesantren yang saat ini tengah dalam proses pembangunan dan membutuhkan dana lebih kurang 13,5 Miliyar Rupiah, maka kegiatan ini membutuhkan uluran tangan dari semua pihak,” ujarnya.

“Ada beberapa hal yang ingin kami sampaikan, terkait dengan pembangunan gedung asrama Pondok Pesantren ini. Pertama pembangunan asrama baru dari hasil beberapa donatur yang kita kunjungi.
Kondisi asrama putra kami tempatkan menggunakan lokal lantai tiga, tetapi keadaan itu sungguh tidak representatif. Maka dari itu kami sangat membutuhkan uluran tangan dari para donatur yang ada,” ungkapnya.

Kemudian Derliana juga menyampaikan kepada ketua DPRD Kota Padang Panjang Mardiansyah, “bahwa saat ini proposal permohonan bantuan dana hibah kepada pemerintah Kota Padang Panjang sudah diajukan oleh pihak Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah.

“Kepada ketua DPRD kami mohon bantuan memberikan penguatan kepada pemerintah kota agar kiranya proposal tersebut dapat direalisasikan,” pungkasnya.

Asli Chaidir yang hadir sebagai pembicara memaparkan bahwa, “Muhammadiyah tidak hanya rumah baginya, tapi dari kecil dia sudah hidup di lingkungan Muhammadiyah. Dilingkungan Muhammadiyahlah saya menemukan sesuatu yang indah dalam hidup saya. Makanya sebisa mungkin saya akan membantu Muhammadiyah, apalagi untuk Ponpes Kauman Muhammadiyah Padang Panjang,” ujarnya.

“Saya salut dan bangga dengan perkembangan Pondok Pesantren ini, guru-gurunya yang kompak, prestasinya yang luar biasa, serta santri-santrinya yang Hafizh Qur’an, bisa bahasa arab dan inggris,” tuturnya lagi.

Dalam kesempatan ini, Asli Chaidir juga berpesan kepada seluruh santri untuk terus menguatkan tekad dan keimanannya. “Allah akan bersama orang-orang yang menuntut ilmu dan menghargai orang tuanya. Berikanlah hal yang terbaik untuk orang tua kita dan berbuatlah untuk bangsa ini. Semoga dengan itu kita menjadi manusia yang bermanfaat untuk semua,” jelasnya.

Hadir pada kesempatan itu Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatra Barat Dr. Shofwan Karim Elhusein, MA, PDM Padang Panjang Batipuh Sepuluh Koto (Pabasko) Drs. Amiruddin, Ketua DPRD Kota Padang Panjang Mardiansyah, Amd, anggota DPRD Provinsi Bukhari Datuak Tuo, serta undangan lainnya.

“Kita patut bangga dengan perkembangan Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah ini, Karena tidak semua pondok pesantren bisa secepat ini pembangunannya di setiap kota. Apalagi dengan manajemen kolektif yang menjadi karakter Muhammadiyah,” ujar buya Shofwan Karim dalam sambutannya.

Selanjutnya beliau juga mengucapkan terimakasih kepada DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota Padang Panjang atas partisipasinya untuk merespon dan menyambut baik tentang aspirasi yang disampaikan pihak Pondok Pesantren khususnya pembangunan asrama guna mendukung sarana dan prasarana yang ada.

Acara dilanjutkan dengan penampilan santri membaca puisi “Membaca Tanda-tanda” karya Taufik Ismail dan diakhiri dengan sesi ramah tamah keluarga besar Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang dengan tamu yang hadir.(Zainal/Adi)

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here