Pontren Kauman Padang Panjang Gelar DA’IMAN

21

Pontren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang Gelar DA’IMAN

Padang Panjang, Kauman_Pondok Pesantren Kauman Padang Panjang mengisi hari Isra’ Mi’raj Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam Tahun 1443 Hijriyyah ini dengan lomba Da’i antar santri Pondok Pesantren di Aula HAMKA, Senin, (28/02/2022).

Kegiatan yang mengangkat tema Membentuk Generasi Berakhlak Mulia ini sebagai bentuk Refleksi seluruh civitas akademika Pondok Pesantren secara keseluruhan. Hal ini disampaikan oleh Mudir Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang, Derliana saat membuka kegiatan tersebut.

“Jadikanlah momentum ini sebagai refleksi diri. Mengingat Rasulullah telah memberikan ketauladanan kepada kita umatnya. Maka sepatutnya kita menjadikannya sebagai idola. Kegiatan ini diisi dengan DA’IMAN, penampilan dakwah dari Dai dan Daiyah Kauman,” ujarnya.

Selanjutnya Derliana menyampaikan bahwa, “penampilan ini langsung ditampilkan oleh santri MTsM dan MA KMM Kauman dengan penuh antusias,” tuturnya.

Dilanjutkannya bahwa, “momentum Isra’ Mi’raj yang dilaksanakan pada hari ini adalah bagian dari cara Pondok Pesantren dalam mengembangkan kemampuan literasi dakwah para santri,” tukasnya.

“Dengan ilmu yang sudah diberikan oleh para ustadz dan umi, dengan kemampuan literasi yang kuat jadikanlah ini sebagai momen mengingat kembali perjuangan Rasulullah dalam berdakwah. Ada hal yang sangat prinsip sekali yang ingin disampaikan oleh Rasulullah dalam kisah Isra’ Mi’raj ini. Salah satunya adalah keyakinan akan kebesaran Allah dengan segala kemaha kuasaanNya,” jelasnya.

Sementara ketua pelaksana kegiatan, Rafli Chalidi menyampaikan bahwa, “kegiatan ini merupakan program kerja Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PR -IPM),” ulasnya.

“Ini adalah program kerja dari divisi Kajian Dakwah Islam (KDI) PR IPM MA KMM Kauman Padang Panjang. Kita semua sepakat bahwa kegiatan ini sebagai bentuk mengingatkan kembali momentum peristiwa Isra Mi’raj sebagai cerminan pribadi Rasulullah yang taat dengan perintah Allah Subhanahu wa ta’ala,” ungkapnya.

Dikatakannya bahwa bentuk kegiatan hari ini akan menampilkan kreativitas dari santri tiap kelasnya. Penampilan peserta berbentuk tausyiah.

“Setiap kelas mesti menampilkan kreativitas terbaiknya. Penampilan peserta menjadi tontonan yang menarik pada momentum ini. Ada sekitar 12 kelompok yang menyuguhkan penampilan terbaiknya. Semoga kita semua mendapatkan keberkahan dalam kegiatan kita ini,” tutupnya.

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 08.00 sampai pukul 14.00 WIB dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here