PPATK Sebut Temuan Transaksi Janggal Ada di Banyak Kementerian

92

Moslemtoday.com : Tidak hanya di Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengaku juga menemukan ada banyak transaksi janggal pegawai di beberapa lingkungan kementerian.

“Ya banyak [transaksi janggal di kementerian selain Kementerian Keuangan],” kata Kepala PPATK Ivan Yustiavandana dalam keterangannya, Jumat, 10 Maret 2023.

Namun demikian, Ivan tidak menyebutkan di kementerian mana saja ditemukan transaksi janggal tersebut. Selain itu, Ivan juga tidak menyebutkan kisaran nominal transaksi-transaksi janggal tersebut.

Sebelumnya Menko Polhukam Mahfud MD mengungkap temuan transaksi janggal Rp300 triliun yang melibatkan 460 pegawai Kemenkeu. Ia menyebut mayoritas transaksi terjadi di Ditjen Pajak dan Bea Cukai.

“Saya sudah dapat laporan yang pagi tadi, terbaru malah ada pergerakan mencurigakan sebesar Rp300 triliun di lingkungan Kementerian Keuangan, yang sebagian besar ada di Direktorat Jenderal Pajak dan Bea Cukai,” kata Mahfud.

Saat dikonfirmasi, PPATK pun menyatakan telah mengirim laporan ke Kemenkeu mengenai transaksi mencurigakan senilai Rp300 triliun itu. Bahkan, kata Ivan, laporan itu telah dilayangkan sebanyak 200 kali sepanjang 2009-2023.

Redaktur : M. Isa Karim D | Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com. Join us: WA Grup & Telegram Channel, Follow us: @Instagram

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here