Prancis meminta Iran untuk menghentikan pekerjaan rudal balistik yang dirancang untuk senjata nuklir

142
Rudal pertahanan udara Sayyad-3 baru Iran terlihat di fasilitas produksi baru mereka, diluncurkan pada 22 Juli 2017. Rudal Sayyad-3 mampu melakukan perjalanan 75 mil dan mencapai ketinggian 17 mil. [Kementerian Pertahanan Iran] Sumber : Memo

Moslemtoday.com : Prancis menyerukan Iran untuk segera menghentikan semua kegiatan yang terkait dengan rudal balistik yang dapat membawa senjata nuklir setelah Teheran mengatakan dapat menempatkan dua satelit ke orbit dalam beberapa minggu mendatang. pada hari Jumat, (11/1/2019).

“Prancis mengignatkan bahwa program rudal Iran (tidak) sesuai dengan Resolusi Dewan Keamanan PBB 2231,” kata juru bicara kementerian luar negeri Agnes von der Muhll kepada wartawan dalam briefing harian. seperti dilansir dari Reuters, Sabtu, (12/1/2019).

“Ini menyerukan Iran untuk segera menghentikan semua kegiatan terkait rudal balistik yang dirancang untuk membawa senjata nuklir, termasuk tes menggunakan teknologi rudal balistik.”

Von der Muhll menanggapi komentar Presiden Hassan Rouhani pada hari Kamis, yang mengatakan dua satelit akan dikirim ke luar angkasa menggunakan rudal buatan Iran.

Sementara itu Teheran menanggapi dengan mengatakan kepada Prancis untuk menghindari pengulangan klaim “tidak bertanggung jawab dan tidak benar” tentang pekerjaan rudal Teheran yang dibuat oleh negara-negara yang menentang kesepakatan 2015 yang dicapai antara Iran dan enam kekuatan utama, lapor TV pemerintah Iran pada hari Jumat. seperti dilansir dari Middle East Monitor, Sabtu, (12/1/2019).

“Program rudal pertahanan buatan Iran adalah hak alami bangsa Iran,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Bahram Qasemi seperti dikutip oleh TV pemerintah Iran.

“Program rudal Iran tidak melanggar resolusi PBB 2231.”

Sumber : Reuters  Middle East Monitor | Redaktur : Fairuz syaugi
Copyright © 1439 Hjr. (2019) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here