Presiden Abbas di PBB: Donald Trump Menawarkan Kami Sepotong Keju Swiss

931

Moslemtoday.com : Presiden Palestina Mahmoud Abbas tampil di hadapan Sidang Dewan Keamanan PBB dan dengan tegas menolak proposal perdamaian Israel-Palestina yang digagas oleh Presiden AS Donald Trump. Dengan mempresentasikan Peta usulan Trump, Presiden Abbas mengatakan negara yang diarsir sebagai Palestina tampak seperti “Sepotong Keju Swiss”.

“Saya datang kepada Anda hari ini untuk menegaskan kembali sikap Palestina yang menolak proposal Israel-Amerika,” kata Abbas dalam pidatonya di Sidang DK PBB dan menegaskan bahwa sikap ini juga telah didukung oleh Liga Arab, Organisasi Kerjasama Islam dan The African Union (TAU), seperti dikutip dari Al Jazeera.

“Ini adalah kondisi yang akan mereka berikan kepada kami. Ini seperti keju Swiss, sungguh. Siapa di antara Anda yang mau menerima kondisi ini atau kondisi yang serupa seperti ini,” kata Abbas, seperti dilansir dari Middle East Monitor, Rabu, (12/2/2020).

Abbas mendesak Trump untuk mencabut proposalnya tersebut dan mendesak kembali untuk merujuk kepada Resolusi PBB sesuai garis batas pra-1967. Abbas menolak mediator tunggal AS dan menyerukan PBB membentuk konferensi internasional untuk mencari penyelesaian bagi konflik yang telah berlangsung lama.

“AS tidak bisa menjadi mediator tunggal. Itu membatalkan legitimasi hak-hak Palestina, hak kami untuk menentukan nasib sendiri, kebebasan, dan kemerdekaan, di negara kami sendiri,” tegas Abbas.

Abbas mengatakan penolakan terhadap proposal Trump adalah hasil dari langkah-langkah sepihak AS yang melanggar legitimasi internasional dan inisiatif perdamaian Arab. Abbas menilai proposal Trump adalah kado indah bagi Israel sementara Palestina hanya memperoleh sepotong keju. (DH/MTD)

Sumber : Middle East Monitor, Al Jazeera | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here