Presiden Abbas Minta Hamas Serahkan Semua Senjata pada Otoritas Palestina

756
Palestinian President Mahmoud Abbas in hospital for heart test

Moslemtoday.com : Presiden Palestina Mahmoud Abbas meminta Hamas menyerahkan semua senjata yang mereka miliki sebagai bagian dari rekonsiliasi Palestina. Pemerintah Palaestina, yang saat ini kendalinya dipegang oleh Fatah, tengah berada dalam proses rekonsiliasi dengan Hamas untuk membentuk pemerintah persatuan.

Abbas menuturkan, jika Hamas memutuskan untuk bergabung dengan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), maka Hamas harus mematuhi semua peraturan yang ada. Salah satu peraturan tersebut adalah, selain institusi hukum, tidak ada pihak atau kelompok lain yang memegang senjata.

“Kami tidak akan menyetujui model Hizbullah, Otoritas Palestina dan gerakan Fatah akan menginvestasikan semua upaya mereka untuk membantu rekonsiliasi tersebut.Namun, ketika Hamas bergabung dengan institusi PLO, yang merupakan kelompok payung untuk semua faksi Palestina, Hamas akan diminta untuk menerima prinsip-prinsip organisasi dan keputusannya,” kata Abbas.

“Kami, di Tepi Barat, beroperasi sesuai dengan satu undang-undang dan satu otoritas tunggal. Saya memerintahkan untuk menangkap siapa saja yang memegang senjata yang tidak berada di bawah naungan hukum, bahkan jika mereka adalah anggota Fatah, dan memang itulah yang dimaksud,” sambungnya, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (4/10).

Terkait dengan proses rekonsiliasi, kemarin Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah telah melakukan pertemuan dengan pejabat Hamas di Gaza. Pertamuan ini adalah pertemuan pertama dalam kurun waktu tiga tahun terakhir.

Sumber : Sindonews | Sputniknews

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here