Presiden Erdogan : “AS sedang berhitung-hitung untuk melawan Turki di Suriah”

1906

Moslemtoday.com : Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa AS sekarang sedang bekerja untuk melawan kepentingan Turki, Iran dan Rusia di Suriah utara, di mana Washington telah mendukung militan YPG Kurdi setelah menargetkan ISIS di Suriah.

“Jika Amerika Serikat mengatakan bahwa mereka mengirim 5.000 truk dan 2.000 pesawat  untuk berperang melawan ISIS, kami tidak mempercayainya. Washington sedang berhitung-hitung untuk melawan Turki, Iran dan mungkin Rusia di wilayah ini,” ungkap Erdogan kepada anggota Parlemen Turki, seperti dilansir dari Reuters, Selasa, (6/2/18).

Dikutip dari Press TV, AS memiliki sekitar 2.000 personil militer di Suriah utara yang mendukung Pasukan Demokratik Suriah (SDF), yang merupakan aliansi milisi di Suriah utara dan timur dan sebagian besar didominasi oleh Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG).

Turki mewaspadai kehadiran militan Kurdi di daerah perbatasannya dengan Suriah, dan telah menentang upaya Washington untuk melatih dan mempersenjatai mereka di wilayah tersebyt. AS mengatakan tidak memiliki rencana untuk menarik pasukan mereka yang ditempatkan di dekat kota Manbij.

Presiden Erdogan menyerukan kepada Amerika untuk menarik pasukan mereka dari Manbij. “Dan kemudian Anda menyuruh kami untuk tidak datang ke Manbij! Kami akan datang ke Manbij untuk mengembalikan wilayah ini ke pemilik aslinya,” ujar Erdogan.

Erdogan bertanya kepada Amerika Serikat apa yang sedang dilakukannya di Suriah. “Anda tidak memiliki perbatasan, Anda bukan tetangga Suriah. Apa urusanmu disana? Kami memiliki perbatasan sepanjang 911 kilometer,” sindir Erdogan kepada AS. (DH/MTD)

Sumber : Reuters, Press Tv | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here