Presiden Erdogan Berjanji Akan Memenuhi Hak-hak Kaum Alevi (Komunitas Syi’ah Turki)

1470

Moslemtoday.com : Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berjanji akan memenuhi hak-hak kaum Alevi (Komunitas Syi’ah Turki). Alevi adalah keyakinan berpengikut terbesar kedua di Turki. Sekitar 15-25% penduduk memeluk ajaran yang terbentuk pada abad ke-13 di dataran Anatolia ini. Alevi banyak mengadopsi ajaran Syi’ah yang diiringi dengan sentuhan sufisme.

Presiden Erdogan mengatakan bahwa salah satu visi Partai AK adalah untuk memperkuat lebih lanjut hak-hak Alevi di Turki. Erdogan Menekankan bahwa Partai AK akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan dengan para pemimpin Alevi secara demokratis dan kolaboratif.

Presiden Erdogan mengatakan bahwa dialog akan terus dibangun dengan para pemimpin Alevi. Salah satu janji Erdogan adalah pengesahan tempat ibadah kaum Alevi yang disebut “Cemevis” yang akan diberikan status hukum dalam jangka waktu yang akan datang, seperti dilansir dari media Turki, Daily Sabah, Jumat, (25/5/2018).

Presiden Erdogan menambahkan bahwa Partai AK adalah partai pertama dalam sejarah Republik Turki yang mengadakan lokakarya Alevi. “Kami mengambil langkah berani pada isu keyakinan dan sekte yang berbeda di Turki,” ungkap Erdogan.

Cemevi : Rumah Ibadah Kaum Alevi

Meskipun jumlah yang tepat dari populasi Alevi di Turki masih belum diketahui, mereka merupakan komunitas agama terbesar kedua di negara itu setelah Muslim Sunni.

Selama bertahun-tahun, pengakuan publik terhadap identitas Alevi, lembaga dan status hukum Cemevis telah menjadi permintaan umum yang dibuat oleh berbagai kelompok dalam komunitas Alevi. Meskipun Cemevis adalah rumah-rumah ritual keagamaan bagi minoritas Alevi di Turki, sejauh ini mereka tidak memiliki status hukum yang setara dengan masjid atau gereja. (DH/MTD)

Pengikut Alevi sedang melakukan ritual semah di Cemevi

Lebih banyak tentang Kaum Alevi, klik disini : Wikipedia, Deutsche Welle

Sumber : Daily Sabah | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here