Presiden Erdogan Bertemu Paus Bahas Usaha Bersama Melawan Islamofobia

633

Moslemtoday.com : Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bertemu dengan Sri Paus Fransiskus di Istana Apostolik Vatikan, Senin, (5/2/18). Dalam pertemuan tersebut, Presiden Erdogan menyampaikan kerugian yang diakibatkan oleh keputusan AS baru-baru ini di Jerusalem dan menyerukan bahwa hal itu tidak boleh dipraktikkan.

Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin tersebut juga krisis pengungsi yang sedang berlangsung di Palestina, dan perkembangan terkini di Timur Tengah, terutama Suriah, serta terorisme, dan hubungan antar-iman, seperti dilansir dari Anadolu Agency.

Presiden Erdogan dan Paus menegaskan status kota suci Jerusalem -yang merupakan situs suci bagi umat Islam, Kristen dan Yahudi- sebagaimana ketetapan Resolusi PBB dan hukum internasional.

Paus Franciskus adalah salah satu pemimpin dunia yang paling menonjol mengkritik keputusan AS Desember lalu yang menyatakan Jerusalem sebagai ibukota Israel, dan Presiden Erdogan mengucapkan terima kasih kepada Paus atas pernyataannya mengenai masalah ini.

Demikian pula, Paus mengungkapkan kekagumannya atas upaya Erdogan atas Jerusalem dalam menyambut dan membantu para pengungsi.

Presiden Erdogan juga menjelaskan kepada Paus tentang operasi militer Turki di wilayah Afrin Suriah untuk memberantas kelompok terorisme YPG Kurdi.

Kedua pemimpin tersebut menekankan upaya bersama melawan xenofobia dan Islamofobia. Mereka sepakat bahwa menyamakan Islam dengan terorisme adalah salah. Mereka menekankan bahwa semua pihak harus menghindari ucapan provokatif yang dapat memicu konflik atas nama agama.

Presiden Erdogan juga mengatakan kepada Paus bahwa Turki menghargai orang-orang dari semua agama -termasuk umat Katolik – dapat hidup dalam harmoni dan damai di Turki, dan bahkan pemerintah Turki telah memulihkan 14 gereja dan sebuah sinagoga.

Presiden Erdogan dan Paus Francis sepakat bahwa langkah bersama diperlukan untuk memobilisasi masyarakat internasional untuk mewujudkan perdamaian dan stabilitas regional, dan tidak diam terhadap krisis kemanusiaan yang sedang berlangsung. Kedua pemimpin tersebut juga sepakat untuk menjaga hubungan di masa depan. (DH/MTD)

Sumber : Anadolu Agency | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here