Presiden Erdogan Kritik Sikap Beberapa Negara Teluk Putus Hubungan Diplomatik dengan Qatar

2229

Moslemtoday.com : Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan membela Qatar setelah beberapa negara teluk memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar. Erdogan mengatakan bahwa dia akan mengembangkan hubungan yang lebih erat dengan Qatar yang terkena sanksi dari Arab Saudi dan sekutunya.

“Izinkan saya mengatakan pada awalnya bahwa kita tidak menganggap sanksi terhadap Qatar itu baik,” kata Erdogan dalam sebuah pidato di Ankara, sebagaimana dilansir dari Aljazeera, Rabu, (7/6/2017).

“Turki akan melanjutkan dan akan mengembangkan hubungan kita dengan Qatar, seperti juga dengan semua teman kita yang telah mendukung kita pada saat-saat tersulit,” tambahnya sehubungan dengan kudeta yang gagal tahun lalu.

Turki memiliki hubungan dekat dengan Qatar namun juga memiliki hubungan baik dengan negara-negara Teluk lainnya, terutama Arab Saudi. Erdogan mengambil sikap berhati-hati untuk tidak mengkritik Riyadh. Erdogan meminta negara-negara anggota Dewan Kerjasama Teluk untuk menyelesaikan perbedaan mereka melalui dialog.

“Upaya untuk mengisolasi Qatar, tidak akan menyelesaikan masalah apapun,” kata Erdogan sembari memuji sikap dingin Qatar dengan pendekatan konstruktif. “Mempresentasikan Qatar sebagai pendukung terorisme adalah tuduhan serius,” kata pemimpin Turki tersebut. “Saya tahu [pemimpin Qatar] dengan baik dan jika memang begitu, saya akan menjadi kepala negara pertama yang akan menghadapi mereka (Negara-negara Teluk).”

Bahrain, Mesir, Arab Saudi, Yaman dan Uni Emirat Arab memutuskan hubungan diplomatik dan hubungan transportasi dengan Qatar pada hari Senin dengan menyebut bahwa Qatar telah mendukung dan melindungi gerakan teroris dan ekstremisme. (DH/MTD)

Sumber : Aljazeera  

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here