Presiden Erdogan Minta Raja Salman Akhiri Krisis Teluk

2527

Moslemtoday.com : Presiden Turki Tayyip Erdogan meminta Raja Salman untuk menyelesaikan keretakan dengan Qatar sebelum bulan suci Ramadan berakhir. Erdogan mengatakan bahwa negara-negara Muslim seharusnya tidak menjatuhkan sanksi kepada sesama negara Muslim.

Turki, yang mendukung Qatar, telah berusaha menyelesaikan masalah ini melalui diplomasi, dengan mengatakan bahwa keretakan tersebut merugikan dunia Islam.

“Kami ingin ini diselesaikan melalui dialog sebelum akhir bulan Ramadan. Saat ini, raja Arab Saudi bisa mengambil langkah seperti itu untuk mengatasi krisis tersebut,” kata Erdogan seperti dikutip dari Middle East Monitor, Jumat (16/6/2017).

“Seorang Muslim seharusnya tidak memilih sanksi semacam itu terhadap Muslim lainnya, terutama pada bulan Ramadan,” imbuhnya. Bulan Ramadan sendiri akan berakhir pada akhir Juni nanti.

Arab Saudi menyebut Qatar telah mencampuri urusan dalam negeri Saudi dengan mendukung dan menghasut pemberontak Syi’ah di Propinsi Qatif, Arab Saudi dan ikut bekerjasama dengan Iran yang merupakan rival utama Saudi di Timur Tengah.

Mesir dan UEA menyebut Qatar melindungi dan mendukung gerakan/tokoh/individu yang terlibat Terorisme (ISIS, Al-Qaeda, . Bahrain menyebut Qatar juga ikut mencampuri urusan dalam negeri Bahrain.

Sehingga Qatar menghadapi boikot ekonomi dan pemutusan hubungan diplomatik oleh Arab Saudi dan sekutunya yang memutuskan untuk memblokade Qatar. Ini adalah puncak konflik dingin di antara negara-negara Teluk Arab selama bertahun-tahun. (DH/MTD)

Sumber : MEMO

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here