Presiden Erdogan : “Saya Tegaskan pada Putin dan Trump, Turki Tidak Akan Mundur dari Suriah”

2216

Moslemtoday.com : Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menegaskan kepada Presiden AS Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin bahwa “Turki tidak akan mundur dari Suriah.” Presiden Erdogan menyatakan bahwa operasi militer Turki yang sedang berlangsung di Afrin akan dilanjutkan ke wilayah lain di Suriah termasuk ke wilayah Manbij.

“Tadi malam saya berbicara dengan Trump tentang masalah ini. Saya mendiskusikan hal yang sama dengan Putin dua hari yang lalu. Saya memberi tahu mereka: “Turki tidak akan mundur dari sini. Kami akan menyelamatkan warga sipil yang tertindas dan menderita di wilayah ini,” ungkap Erdogan dalam pidatonya di Istanbul hari Jumat kemarin, seperti dilansir dari media Turki, Hurriyet, Sabtu, (24/3/18).

Erdoğan dan Trump melakukan pembicaraan telepon pada kamis malam (22/3) tentang hubungan yang tegang antara Ankara dan Washington beberapa bulan terakhir, terutama masalah kerjasama AS dengan kelomopok bersenjata YPG Kurdi di Suriah. Turki menyatakan bahwa YPG Kurdi adalah sebagai afiliasi Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang dilarang oleh Turki dan telah dicap oleh Turki sebagai organisasi teroris.

Pasukan Militer Turki bersama dengan Tentara Pembebasan Suriah (FSA) meluncurkan operasi militer “Cabang Zaitun” melawan YPG di Afrin pada 20 Januari lalu, dan Presiden Erdogan menyatakan bahwa operasi “tidak akan hanya berakhir di Afrin. Selanjutnya adalah Idlib dan Manbij.”

Manbij, kota di Suriah barat laut yang berbatasan langsung dengan Turki, sangat penting bagi Turki karena masih berada di bawah kendali YPG. Turki telah lama mendesak AS untuk mundur dari wilayah tersebut. Sementara AS melalui Juru bicara Departemen Luar Negeri Heather Nauert  menyatakan bahwa “Pasukan AS akan terus beroperasi di kota tersebut.”

Turki sendiri menegaskan akan tetap melanjutkan operasi terhadap YPG meskipun pasukan AS tetap bekerja sama dengan YPG. Erdogan menyatakan bahwa Turki tidak akan ragu untuk melancarkan serangan terhadap posisi YPG bahkan jika harus berkonfrontasi langsung dengan pasukan AS di wilayah tersebut. (DH/MTD)

Sumber : Hurriyet | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here