Presiden Erdogan Sindir AS dan Rusia Terkait Suriah

480

Moslemtoday.com : Presiden Turki Tayyip Erdogan menyindir AS dan Rusia terkait Suriah. Presiden Erdogan mengaku bingung dengan sikap kedua negara tersebut yang menyebut tidak melihat solusi militer di Suriah, namun tetap mengerahkan pasukannya ke sana.

“Saya mengalami kesulitan untuk memahami komentar-komentar ini. Jika solusi militer tidak ada, maka mereka yang mengatakan ini harus menarik pasukan mereka keluar,” ungkap Erdogan, seperti dilansir dari MEMO, Selasa, (14/11/2017).

“Kalau begitu solusi politik harus dicari di Suriah, cara menuju pemilihan umum harus diperiksa. Kita akan membahasnya dengan Putin,” tambah Erdogan yang berbicara menjelang terbang ke Rusia untuk melakukan pertemuan dengan Putin.

“Amerika Serikat mengatakan mereka akan benar-benar meninggalkan Irak, tapi ternyata tidak. Dunia ini tidak bodoh, beberapa kenyataan diberitahu secara berbeda dan dipraktikkan secara berbeda,” ungkap Erdogan menyindir AS.

Dia mengatakan Amerika Serikat memiliki 13 basis di Suriah dan Rusia memiliki lima. YPG mengatakan bahwa Washington telah membentuk tujuh pangkalan militer di wilayah utara Suriah. Koalisi pimpinan AS mengatakan tidak membahas lokasi pasukannya.

Sementara itu, Rusia telah menjadi pendukung kuat Bashar Assad. Intervensi militer Moskow dua tahun lalu telah meningkatkan konflik Suriah menjadi berkepanjangan dan membuat basis militer Assad semakin kuat.

Di lain pihak, Pasukan Turki juga terus bertempur di Suriah untuk menghentikan kemajuan pasukan Pemberontak YPG Kurdi di sepanjang perbatasannya. (DH/MTD)

Sumber : Middle East Monitor (MEMO)

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here