Presiden Erdogan Umumkan Turki akan membuka Kedutaan di Al-Quds (Jerusalem)

4546

Moslemtoday.com : Presiden Erdogan mengumumkan akan membuka kantor kedutaan besar Turki untuk Palestina di Al-Quds (Jerusalem). Rencana pembukaan kantor kedutaan tersebut sebagai bentuk dukungan Turki untuk Palestina merdeka dalam menanggapi keputusan AS yang akan memindahkan kantor kedutaannya dari Tel Aviv ke kota suci tersebut.

Namun tidak jelas bagaimana Turki akan melakukan tindakan tersebut, karena saat ini Israel mengendalikan seluruh wilayah Jerusalem dan mengklaim kota itu sebagai ibukota negaranya.

Presiden Erdogan mengatakan dalam sebuah pidato kepada para pendukungnya di Istanbul bahwa konsulat jenderal Turki di Jerusalem saat ini sudah diwakili oleh seorang duta besar. “Insya Allah, hari sudah semakin dekat, Insya Allah kita akan segera membuka kedutaan kita di sana,” ungkap Erdogan, seperti di Reuters, Ahad, (17/12/17).

KTT Luar Biasa OKI yang diselenggarakan di Istabul, Turki, Rabu, 6 Desember lalu mendeklarasikan Al-Quds (Jerusalem) sebagai ibukota Palestina, sebagai tindakan balasan atas keputusan sepihak AS yang mengklaim Jerusalem sebagai ibukota Israel.

Kota Jerusalem, yang dihormati oleh orang-orang Yahudi, Kristen dan Muslim, adalah rumah bagi tempat suci ketiga. Masjid Al-Aqsa bagi Muslim, Tembok Ratapan bagi Yahudi, Gereja Makam Kudus bagi Kristen. Kota Jerusalem telah menjadi jantung konflik antara Israel-Palestina selama beberapa dekade. (DH/MTD)

Sumber : Reuters
Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here