Presiden Hadi Serukan Rakyat Yaman untuk Bersatu Melawan Houthi Setelah Kematian Saleh

1061

Moslemtoday.com : Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi menyerukan rakyat Yaman untuk bersatu melawan kelompok pemberontak Houthi setelah tewasnya mantan pemimpin negara tersebut, Ali Abdullah Saleh oleh Houthi.

Dalam sebuah pidato yang disiarkan langsung oleh jaringan TV Al Arabiya, Hadi menyerukan babak baru dalam pertempuran melawan Huthi. “Mari kita bersatu untuk mengakhiri kontrol gerombolan kriminal ini (Houthi) dan membangun Yaman yang baru,” ungkap Hadi seperti dilansir dari Al Jazeera, Selasa, (5/12/17).

Sementara itu, Liga Arab mengutuk pembunuhan atas Saleh dan mencap Houthi sebagai organisasi teroris. “Semua sarana harus digunakan untuk mengeluarkan orang-orang Yaman dari mimpi buruk ini,” ungkap Ahmed Abdul Gheit, kepala Liga Arab saat ini.

Sejak tewasnya Ali Abdullah Saleh Senin kemarin, pasukan koalisi Arab meningkatkan serangan udara di wilayah yang menjadi basis Houthi. Hussain Albukhaiti, seorang aktivis Houthi melaporkan kepada Al Jazeera bahwa serangan udara tersebut menargetkan setiap area yang dikuasai oleh Huthi di ibukota Sanaa.

Baca juga :

Mantan presiden Yaman, Ali Abdullah Saleh telah tewas ditangan Houthi. Pemimpin gerakan pemberontak Houthi Abdulmalik al-Houthi memuji kematian Saleh tersebut. Houthi menyebut kematian Saleh sebagai kemenangan melawan koalisi militer pimpinan-Arab.

Dalam pidato yang ditayangkan di jaringan TV Al Masirah yang dikelola Houthi, Abdul Malik al-Houthi mengatakan bahwa Houthi membunuh Saleh karena telah berkhianat pada Houthi dan balik mendukung pasukan koalisi Arab yang menjadi musuh Houthi dalam perang Yaman. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here