Presiden Imbau Warga Pendatang Tidak Tinggalkan Wamena

422

Moslemtoday.com : Pemerintah menjamin situasi keamanan di Wamena, Papua akan segera pulih. Karena itu warga pendatang diimbau tidak cepat-cepat meninggalkan Papua.

“Presiden juga meminta kepada pendatang untuk tidak meninggalkan Wamena,” ucap Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (2/10/2019).

Menurut Pramono insiden di Wamena bukan konflik sosial. Namun hanya ulah kelompok kriminal bersenjata yang hendak memanfaatkan momentum sidang umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Ini hanyalah gerombolan bersenjata yang memanfaatkan momentum sidang umum PBB. Mereka ingin mendapatkan perhatian dunia,” jelas Pramono.

Terkait rusaknya bangunan dan infrastruktur pasca-kerusuhan, pemerintah akan melakukan upaya rehabilitasi sesuai standar penanganan bencana lain.

Presiden, tambah Pramono, terkait hal ini sudah menginstruksikan kepada Panglima TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian untuk mengejar pelaku dan mengambil tindakan tegas.

Saat ini sebanyak 10 ribu warga di Wamena berduyun-duyun meminta dievakuasi dari Wamena ke Jayapura. Mereka merupakan warga yang menjadi korban kerusuhan di Wamena, beberapa waktu lalu.

Sebelumnya juga dilaporkan sebanyak 465 ruko, 165 rumah, dan 374 kendaraan hangus dibakar massa. Kericuhan juga menyebabkan 31 orang meninggal dan 76 terluka.

Sumber : Beritasatu TV

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here