Presiden Korsel Minta Maaf Karena Warga Kesulitan Mendapatkan Masker

134

Moslemtoday.com : Presiden Korea Selatan Moon Jae-in meminta maaf atas kelangkaan masker di tengah semakin meningkatnya wabah covid-19 di negara itu. Total 5.186 kasus telah ditemukan di Korea Selatan dengan jumlah kematian 28 orang hingga saat ini.

“Seluruh negara telah memasuki perang dengan penyakit menular ini. Saya sangat menyesal karena kita tidak dapat menyediakan masker dengan cepat dan memadai yang telah menyebabkan ketidaknyamanan warga kita,” ungkap Moon Jae-in, seperti dilansir dari Channel News Asia, Selasa, (3/3/2020).

Presiden Moon memerintahkan semua lembaga pemerintah untuk beroperasi sepanjang waktu. Presiden Moon mengatakan pemerintah akan menyuntikkan lebih dari 30 triliun won (US $ 25 miliar) untuk mengatasi situasi kematian ekonomi yang disebabkan oleh wabah tersebut.

Presiden Moon memerintahkan produksi masker besar-besaran sehingga ketersediaannya di pasaran tidak berkurang.

Orang-orang telah membentuk antrian panjang untuk mendapatkan masker di toko-toko ritel setelah stok tiba, meskipun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan orang yang sehat hanya perlu memakai masker jika mereka merawat seseorang yang sakit.

Korea Selatan telah mengalami peningkatan infeksi yang cepat dalam beberapa hari terakhir dan sejumlah acara dari konser K-pop hingga musim olahraga telah dibatalkan atau ditunda pelaksanaannya untuk membatasi penularan. Liburan sekolah juga diperpanjang untuk tiga minggu secara nasional. (DH/MTD)

Sumber : Channel News Asia | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here