Presiden Palestina Berharap Pendudukan Israel Berakhir pada 2017

824

Moslemtoday.com : Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyampaikan harapannya di hadapan peserta Sidang Tahunan Majelis Umum PBB di New York bahwa tahun 2017 harus menjadi tahun di mana pendudukan Israel atas Palestina berakhir.

“Harapan saya, ada tanggung jawab kolektif dari Anda semua untuk memastikan 2017 adalah tahun berakhirnya pendudukan,” ujar Abbas, seperti dimuat Russia Today, Jumat (23/9/2016).

Abbas juga mengatakan, “Siapa yang melakukan pembersihan etnis?”, Diskriminasi racial adalah kenyataan sehari-hari, Israel terus memberikan izin untuk pemukiman dan infrastruktur di wilayah-wilayah pendudukan sementara mencegah warga Palestina dari menggunakan tanah mereka.”

Pria berusia 81 tahun itu tidak lupa mengkritik komentar Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang membandingkan pendudukan Israel dengan pembersihan etnis oleh bangsa Arab. Abbas juga mendesak Inggris meminta maaf atas Deklarasi Balfour pada 1917 yang mendukung berdirinya tanah Yahudi di Palestina.

“Kami meminta Inggris, untuk mengambil pelajaran penting dan menanggung konsekuensi sejarah, hukum, politik, material, dan moral dari deklarasi tersebut, termasuk meminta maaf kepada warga Palestina atas bencana, tragedi, dan ketidakadilan serta mengakui negara Palestina,” tutur Abbas.

Menutup pidatonya, Abbas juga mendesak semua negara mengakui kemerdekaan Palestina dan mendukung diadakannya penyelesaian konflik Israel-Palestina lewat jalur diplomasi. Ia berharap seluruh anggota PBB menekan Israel untuk melakukan dialog sebelum penanggalan 2016 berakhir.

Sumber : Russia Today

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here