Presiden Prancis Emmanuel Macron Bertemu Emir Qatar Bahas Krisis Teluk

748

Moslemtoday.com : Presiden Prancis Emmanuel Macron melakukan kunjungan ke Qatar pada hari Kamis, (7/12/17) di tengah krisis diplomatik antara Qatar dengan empat negara Arab.

Segera setelah mendarat, Macron berkunjung ke Pangkalan Udara AS al-Udeid, rumah bagi sekitar 10.000 tentara Amerika dan markas besar Komando Pusat Militer AS di Qatar. Prancis juga memiliki kontingen tentara di pangkalan tersebut, yang dipersiapkan untuk melawan kelompok ISIS di Irak dan Suriah dan perang Afghanistan.

Macron tersenyum dan berjabat tangan dengan tentara Prancis dan Amerika yang menyambutnya di pangkalan tersebut. Demikian seperti dilansir dari Al Arabiya, Kamis, (7/12/17).

Presiden Prancis kemudian mengadakan pembicaraan dengan emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani.

Kedua kepala negara dijadwalkan akan memimpin sebuah “pertemuan kerja sama bilateral antara Prancis-Qatar dalam perang melawan terorisme, pendanaan terorisme dan radikalisasi.”

Kunjungan Macron datang tepat setelah pertemuan dua hari KTT GCC yang gagal mencapai solusi krisis Teluk. GCC diambang keruntuhan jika krisis Qatar dan empat negara tetangganya terus berlanjut. Qatar sampai saat ini masih menolak untuk memenuhi daftar tuntutan Teluk.

“Pertemuan ini akan menjadi kesempatan emas untuk mempersiapkan konferensi internasional yang diselenggarakan di Paris pada bulan Januari nanti,” ungkap rombongan presiden Prancis. Laporan dari media Prancis mengatakan bahwa Macron ingin menggunakan Qatar sebagai pintu gerbang untuk menenangkan atmosfer dengan Iran. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here