Presiden Xi Tegaskan Komitmen China untuk Mendukung Keamanan Negara-negara Teluk Arab

32

Moslemtoday.com : Presiden China Xi Jinping menegaskan bahwa negaranya akan terus mendukung keamanan negara-negara Teluk Arab, dan akan terus mengimpor minyak dalam jumlah besar dari negara-negara tersebut. Hal itu diungkapkannya saat memberikan pidato pada pertemuan KTT China-Teluk Arab di Riyadh, Jumat, 9 Desember 2022.

“Kami menghargai upaya Arab Saudi untuk menjadi tuan rumah KTT China dengan Negara-negara Teluk Arab yang pertama kalinya. Dewan Kerjasama Teluk telah berhasil mengatasi tantangan global,” kata Xi Jinping dan mencatat bahwa negara-negara Teluk dan China dapat mencapai integrasi ekonomi dan industri, seperti dilansir dari Al Arabiya.

Presiden China menegaskan bahwa negaranya telah berkomunikasi dengan Dewan Kerjasama Teluk sejak awal, yang menunjukkan bahwa negaranya harus memperkuat kemitraan ekonomi, mencapai integrasi, dan mendorong pembangunan.

“Kami menyambut partisipasi negara-negara Teluk dalam prakarsa keamanan global. Kami bekerja sama untuk mencapai prinsip non-campur tangan dalam urusan negara lain. Kita harus memperkuat kemitraan ekonomi kita, mencapai integrasi dan memajukan pembangunan,” tambah Xi.

Dalam pidatonya, presiden China merujuk pada pembentukan dewan investasi negaranya dengan negara-negara Teluk, dan pembentukan Pusat Keamanan Nuklir China-Teluk.

Xi juga menekankan bahwa Beijing akan meningkatkan kerja sama dengan negara-negara Teluk dalam berinvestasi dalam energi bersih. Xi juga menjelaskan bahwa upaya China sejalan dengan negara-negara Teluk untuk mengaktifkan sistem pembayaran dalam mata uang lokal, tidak menggunakan dollar lagi.

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here