Prof. Azyumardi Azra Sayangkan Pembubaran Kajian Ustadz Dr. Khalid Bassalamah

2591

Moslemtoday.com : Beberapa waktu lalu, ceramah Ustadz Khalid Bassalamah dihentikan oleh kelompok berseragam hijau karena materi ceramahnya dinilai berisi provokasi.  Dalam hal ini, Guru besar sejarah dan perdaban Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Azyumardi Azra, menyayangkan hal itu dikarenakan ada pengerahan massa yang begitu banyak.

“Kalau memang dinilai ceramahnya bersifat provokasi, ya bisa dihentikan secara baik-baik, mungkin ada yang mengajak dialog penceramah dan pengurus masjid, tidak usah menggunakan kekuatan mas, karena cara yang paling baik adalah dengan mengajaknya berdialog,” ungkapnya kepada Kiblat.net dalam sebuah bedah buku di Kampus UI, Depok, Selasa (08/03).

Ia pun mengungkapkan, selama ini memang dalam kasus toleransi beragama di Indonesia sudah cukup baik. Hanya saja memang satu-dua kasus seperti ini terjadi, dan hendaknya menjadi perhatian bersama untuk diantisipasi.

“Ada kasus-kasus kecil seperti ini, namun dari sekian banyak umat Islam di Indonesia, janganlah digeneralisir,” ungkapnya.

Menurutnya, kondisi toleransi beragama sendiri sudah cukup baik dan selama ini terbilang damai, namun sekali lagi, memang jika dinilai ada yang provokatif dalam penyampaian materi atau Issue, maka hendaknya ditinggalkan.

“Para pen-dai atau penceramah pun juga sebaiknya melihat situasi dan kondisi, ada kalanya memang jangan bersikap provokatif, dan seharusnya memperhatikan kondisi lingkungan dakwahnya,” tandas Azyumardi.

Sumber : Kiblat.net

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here