Puluhan Pemukim Israel Mulai Bergerak ke Tepi Barat : “Aneksasi Sekarang!”

202

Moslemtoday.com : Puluhan pemukim Israel mulai bergerak menggunakan traktor dari Israel ke Tepi Barat Palestina dan menyerukan pencaplokan segera Lembah Jordan. Proposal Trump memberi lampu hijau bagi Israel untuk mencaplok wilayah itu, sekitar 30 persen dari wilayah Tepi Barat.

Pemukim tersebut mengibarkan bendera dan spanduk Israel yang bertuliskan : “kita membuat sejarah, kita memperkuat kedaulatan.” Konvoi itu diikuti oleh mobil-mobil yang membunyikan klakson untuk mendukung. Beberapa pemukim mengenakan kaus putih bertuliskan : “Aneksasi sekarang!!”.

Sejak Trump mengumumkan proposalnya, pemukim Israel sayap kanan telah mendorong PM Benjamin Netanyahu untuk segera menganeksasi Lembah Yordan, wilayah pertanian kaya yang membentang di sepanjang perbatasan timur Tepi Barat, yang diduduki Israel sejak 1967.

“Setelah 52 tahun menunggu, saatnya untuk mengambil alih Lembah Jordan,” kata David Elhayani, presiden Dewan Yesha, seperti dilansir dari AFP, Selasa, (4/2/2020).

Menurut kelompok Hak Asasi Manusia B’Tselem, sebagian besar warga Israel mendukung menganeksasi wilayah itu, tempat sekitar 10.000 pemukim Yahudi dan sekitar 65.000 warga Palestina tinggal.

Sekitar 450.000 pemukim Israel tinggal di sekitar 150 pemukiman di Tepi Barat. Permukiman Israel dianggap ilegal menurut hukum internasional dan sebagian besar Negara melihatnya sebagai penghalang perdamaian konflik Israel-Palestina. (DH/MTD)

Sumber : AFP | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here