Putin : AS Tidak Akan Bisa Menekan Erdogan Membatalkan Pembelian S-400 Rusia

3734

Moslemtoday.com : Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa Amerika Serikat tidak akan bisa menekan Turki untuk membatalkan pembelian sistem pertahanan rudal S-400 Rusia. Putin menyatakan tekanan AS tidak akan membuahkan hasil.

“Saya tahu Presiden Recep Tayyip Erdoğan sangat sulit untuk ditekan. Sebaliknya, ini akan mendorong Mr Erdoğan, dan dia tidak akan membuat kompromi sekaligus melindungi kepentingan nasionalnya,” ungkap Putin seperti dilansir dari media Turki, Daily Sabah, Sabtu, (26/5/2018).

Putin kemudian mengkritik AS karena mengancam Erdogan akan menghentikan penjualan pesawat tempur F-35 AS ke Turki. Putin mengingatkan bahwa Turki bukan anggota NATO pertama yang membeli sistem pertahanan Rusia.

“Saya mengalami kesulitan untuk menjelaskan tekanan ini. Tetapi sikap seperti itu terhadap Turki tidak adil,” ujar Putin.

Komite Senat AS telah mengeluarkan RUU kebijakan pertahanan yang termasuk salah satu kebijakannya adalah melarang Turki membeli pesawat tempur F-35 AS. RUU itu juga mengutip kesepakatan Turki dengan Rusia untuk membeli S-400.

Menanggapi RUU Senat AS, Kementerian Luar Negeri Turki mengatakan langkah terbaru AS tersebut bertujuan untuk mengancam Turki agar membatalkan kesepakatan sistem pertahanan S-400 dengan Rusia. (DH/MTD)

Sumber : Daily Sabah | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here