Putin dan Erdogan Sepakat Tingkatkan Hubungan untuk Mengakhiri Konflik Suriah

670

Moslemtoday.com : Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sepakat untuk meningkatkan hubungan demi upaya untuk mencapai penyelesaian politik abadi di Suriah.

Meskipun berada di sisi berlawanan dalam konflik Suriah, Rusia dan Turki telah bekerja sama sejak sebuah kesepakatan rekonsiliasi 2016 yang mengakhiri sebuah krisis yang disebabkan oleh penembakan sebuah pesawat tempur Rusia oleh Turki.

Selama empat jam pembicaraan di resor Sochi Laut Hitam, di barat daya Rusia. Kedua belah pihak sepakat mengenai perlunya berbuat lebih banyak untuk menstabilkan Suriah, kata Putin, seperti dilansir dari Media Inggris, Daily Mail, Rabu, (15/11/2017).

“Kami bersatu dalam kebutuhan untuk meningkatkan upaya untuk memastikan stabilisasi jangka panjang (Suriah), terutama untuk memajukan proses penyelesaian politik,” kata pemimpin Rusia tersebut kepada wartawan setelah pertemuan tersebut.

“Kami sepakat bahwa sekarang ada basis yang memungkinkan kita untuk fokus pada proses politik,” ungkap Erdogan.

Kedua pemimpin dunia ini terakhir bertemu di Ankara pada bulan September lalu, ketika mereka sepakat untuk mendorong terciptanya zona “de-eskalasi” di Idlib, Suriah di samping kesepakatan yang lainnya yang telah diusulkan.

Rusia, bersama dengan Iran, adalah pendukung utama Presiden Suriah Bashar al-Assad. Sementara Turki berada di pihak oposisi yang terus berusaha untuk melengserkan Bashar Al-Assad .

“Hubungan kami telah dipulihkan kembali hampir ke kapasitas penuhnya,” kata Putin menjelang perundingan, menambahkan bahwa dia senang melihat pemimpin Turki tersebut. (DH/MTD)

Sumber : Daily Mail

📲 Akses lebih mudah… Install aplikasi Moslemtoday.com di Play Store: klik: https://play.google.com
📪 Mari gabung bersama media sosial Moslemtoday.com, silakan klik : Telegram : Grup, Channel, Instagram, WhatsApp: Grup 1, Grup 2, Grup 3, Grup 4, Twitter, Facebook

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here