Putin Prediksi Perang Dunia Akan Pecah Jika AS dan Sekutunya Terus Menggempur Suriah

772

Moslemtoday.com : Presiden Rusia Vladimir Putin memprediksi perang dunia akan pecah jika AS dan sekutunya terus melanjutkan serangannya ke Suriah. Putin memperingatkan bahwa serangan Barat lebih lanjut terhadap Suriah akan membawa dunia dalam kekacauan.

Presiden Putin melakukan pembicaraan melalui sambungan telepon dengan Presiden Iran, Hassan Rouhani. Mereka berdua sepakat bahwa serangan Barat telah merusak peluang untuk mencapai resolusi politik dalam konflik Suriah yang memasuki masa tujuh tahun.

“Vladimir Putin menekankan bahwa jika tindakan-tindakan yang dilakukan melanggar Piagam PBB terus berlanjut, maka hal itu akan mengarah pada pecahnya perang dan kekacauan lebih lanjut dalam hubungan internasional,” ungkap pernyataan Kremlin, seperti dilansir dari Al Arabiya, Senin, (16/4/18).

Negara-negara Barat sepakat menyalahkan Assad atas dugaan penggunaan senjata kimia yang menewaskan warga sipil di Douma, Suriah. Sementara itu, Pemerintah Suriah dan sekutunya, Rusia dan Iran membantah serangan kimia tersebut.

Operasi gabungan AS, Inggris dan Prancis Sabtu pagi (14/4) kemarin menandai intervensi terbesar oleh negara-negara Barat terhadap Assad dan sekutunya, Rusia.

Amerika Serikat, Prancis dan Inggris mengatakan bahwa operasi gabungan tersebut hanya berfokus untuk menghancurkan pusat gudang senjata kimia Suriah dan tidak ditujukan untuk menggulingkan rezim Suriah Bashar Al Assad. Ketiga negara sepakat akan melancarkan serangan bersama kembali jika Assad kembali menggunakan senjata kimia dalam medan perang Suriah.

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan bahwa dia telah meyakinkan Trump untuk tetap tinggal di Suriah untuk “jangka panjang.” Trump sebelumnya mengumumkan akan menarik pasukannya dari Suriah dan kembali ke negaranya.

Sementara itu, AS akan memberlakukan sanksi ekonomi baru terhadap Rusia. Duta Besar AS untuk PBB, Nikki Haley mengatakan sanksi ekonomi akan dijatuhkan kepada perusahaan-perusahaan Rusia ‘yang berurusan dengan pengadaan senjata’ yang berkaitan dengan Presiden Suriah Bashar al-Assad. (DH/MTD)

 

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here