Putin : “Rusia akan terus mempertahankan kekuasaan Bashar Assad di Suriah”

927

Moslemtoday.com : Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan kepada Presiden Suriah Bashar al-Assad bahwa Rusia akan terus mendukung usaha Suriah untuk mempertahankan kedaulatannya ditengah upaya perundingan damai yang digagas PBB untuk mengakhiri konflik Suriah dengan menuntut Bashar Assad untuk lengser dari kekuasaannya.

Putin menekankan bahwa Rusia akan “terus memberikan setiap bantuan kepada Suriah dalam melindungi kedaulatan negara, kesatuan dan integritas teritorial, dalam mempromosikan proses penyelesaian politik, dan juga untuk memulihkan ekonomi nasional,” bunyi pernyataan yang dirilis Kremlin, seperti dilansir dari Reuters, Ahad, (31/12/17).

Awal bulan ini Putin memerintahkan pasukan Rusia di Suriah untuk mulai menarik diri dari negara tersebut, namun mengatakan bahwa Rusia akan tetap mempertahankan pangkalan udara Hmeymim di Propinsi Latakia di Suriah serta fasilitas angkatan lautnya di Tartous “secara permanen”.

Rusia turut ikut campur dalam perang Suriah mendukung rezim Bashar Assad sejak tahun 2015, memberikan dukungan pasukan darat dan udara untuk pasukan pemerintah memerangi kelompok oposisi Suriah dan faksi mujahidin Suriah yang mereka sebut sebagai “teroris”.

Lebih dari 340.000 orang telah terbunuh dan jutaan warga mengungsi sejak konflik tersebut meletus pada bulan Maret 2011 saat demonstrasi menuntut presiden Suriah Bashar Assad turun dari jabatannya yang memicu tindakan keras dan brutal dari militer Suriah terhadap para demonstran. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya, Reuters | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2017) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here