Putra Berdarah Minang Ini Raih Penghargaan Bergengsi “King Faisal Prize 2018” dari Arab Saudi

1601

Moslemtoday.com : Prof Irwandi Jaswir dari Indonesia menerima penghargaan bergengsi “King Faisal International Prize 2018” dalam kategori Pelayanan Kepada Islam. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Raja Salman bin Abdul Aziz Al Saud di Riyadh Senin kemarin, (26/3/18).

Profesor Jaswir telah memberikan peran administratif dan akademik selama karirnya yang cemerlang. Prof Jaswir saat ini merupakan Guru Besar di Universitas Islam Internasional Malaysia (IIUM), Ketua Otoritas Sertifikasi Halal di Korea-INHART 2016-sekarang, sekretaris IIUM Council of Professors 2014-sekarang dan saat ini menjabat sebagai Wakil Dekan untuk akademik, Penelitian , dan publikasi di International Institute for Halal Research and Training (INHART) Malaysia.

Profesor Irwandi Jaswir telah mendedikasikan ilmu pengetahuannya dan penelitiannya untuk pembentukan dan pengembangan disiplin ilmu baru yang disebut “Halal Science” yang mengungkapkan hubungan yang signifikan antara Halal dan Haram dalam yurisprudensi hukum Islam dan sains. Pengabdiannya dalam kehidupan akademik dan penelitiannya untuk menyelesaikan beberapa masalah yang berkaitan dengan halal dan haram dari perspektif sains telah dituangkan dalam karya-karyanya.

Profesor jaswir telah menerbitkan lebih dari 120 artikel dalam jurnal ilmiah, 30 buku, dan lebih dari 30 proyek penelitian. Dia memiliki total kutipan Scopus 711 dan H-indeks 16. Dia adalah anggota Dewan Editorial dari banyak jurnal ilmiah terkemuka dan telah berpartisipasi dalam berbagai konferensi dan pameran di bidangnya. Profesor Jaswir adalah peneliti dan akademisi yang sangat aktif yang berfokus pada “Halal Science”  sebagaimana telah terbukti lebih dari 60 penghargaan dan kehormatan yang telah diterimanya.

Dikuitip dari biografi Wikipedia, Profesor Jaswir ternyata merupakan putra keturunan Minang. Prof Irwandi Jaswir lahir di Medan, dari orangtua yang berasal dari Sumatera Barat.

Berikut Profil Singkat Prof. Irwandi Jaswir :

Nama : Irwandi Jaswir
TTL: Medan, 20 Desember 1970

Pendidikan :

  • SMP Negeri Pekan Kamis Tilatang Kamang
  • SMA I Bukittinggi
  • S-1 Institut Pertanian Bogor bidang Teknologi Pangan dan Gizi (1994)
  • S-2 Universitas Pertanian Malaysia (UPM) bidang Kimia dan Biokimia Pangan (1997)
  • S-3 UPM dan The University of British Columbia, Kanada (2000)

Sumber : Saudi Gazette, KingFaisalPrize.org | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here