Putra Muammar Qaddafi Siap Maju di Pilpres Libya Tahun 2018

759

Moslemtoday.com : Saif al-Islam Gaddafi, putra paling menonjol dari mantan pemimpin Libya Muammar Qaddafi berencana mencalonkan diri sebagai presiden dalam pemilihan presiden yang akan datang pada 2018.

Basem al-Hashimi al-Soul, juru bicara keluarga Qaddafi, mengatakan bahwa hari ini Saif al-Islam telah mempersiapkan pertarungannya dan akan mengumumkan program-program untuk kepemimpinan Libya.

“Saif al-Islam akan menerapkan lebih banyak keamanan dan stabilitas sesuai dengan geografi Libya dan berkoordinasi dengan semua faksi di Libya,” ungkap Basem seperti dilansir dari Daily Sabah, Senin, (18/12/17).

Saif dipandang sebagai pengganti reformis potensial pengganti ayahnya di tahun-tahun sebelum 2011 dan tetap menjadi tokoh kunci bagi loyalis Qaddafi.

Surat perintah penahanan dikeluarkan untuk Saif oleh Pengadilan Pidana Internasional pada tahun 2011 atas tuduhan kejahatan terhadap kemanusiaan, pembunuhan dan penganiayaan, yang dilakukan di Libya pada tahun yang sama dengan konflik saat ayahnya digulingkan dari kekuasaan.

Pada tahun 2015, Pengadilan Libya di ibukota Tripoli memvonis Saif al-Islam sampai mati atas tuduhan terkait pembunuhan selama pemberontakan tahun 2011 di negara tersebut.

Pada bulan Juni 2017, Saif dibebaskan di bawah undang-undang amnesti yang disahkan dua tahun yang lalu oleh parlemen yang berbasis di Libya timur. (DH/MTD)

Sumber : Daily Sabah
Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here