Qatar Akan Menjadi Sebuah Pulau Jika Arab Saudi Merelokasi Perbatasannya di Pantai Timur

4109

Moslemtoday.com : Arab Saudi berencana untuk merelokasi perbatasannya di Pantai Timur. Proyek ini akan memisahkan Qatar dengan Arab Saudi yang berbatasan langsung dengan daratan. Dalam rancangan tersebut, Arab Saudi akan membuat 60 km jalur pantai di sepanjang perbatasan antara Arab Saudi dan Qatar.

Proyek terpadu tersebut akan membangun kawasan pariwisata sebagai wujud konsorsium investasi Arab Saudi. Proyek ini juga merupakan bagian dari rencana untuk mewujudkan Saudi Vision 2030.

Proyek ini sedang menunggu persetujuan dan lisensi untuk memulai pengerjaan yang ditargetkan akan selesai dalam 12 bulan ke depan. Proyek akan dimulai dari perbatasan Salwa ke Khawr Al-Udayd yang akan terhubung dengan seluruh pantai timur Arab Saudi, seperti dilansir dari Arabnews, Jumat, (6/4/18).

Jalur pantai ini direncanakan akan memiliki garis pantai 200 mdpl, kedalaman 15-20 meter, dan panjang 60 km disepanjang perbatasan Arab Saudi-Qatar. Jalur ini ditargetkan akan dapat menampung semua jenis kapal kargo dan penumpang yang bisa melintasi jalur tersebut. Proyek ini diperkirakan akan memakan biaya SR 2,8 miliar riyal.

Jalur perbatasan ini ini dipilih karena memilikisi lokasi strategis yang akan menghubungkan seluruh garis pantai Arab Saudi di wilayah timur. Rencana pembentukan jalur pantai tersebut juga akan meregenerasi kegiatan ekonomi di wilayah tersebut. (DH/MTD)

Sumber : Arabnews, Saudi Gazette | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here