Qatar Dukung Solusi Dua Negara untuk Menghentikan Konflik Israel-Palestina

100

Moslemtoday.com : Jared Kushner, penasihat Gedung Putih sekaligus menantu Presiden AS Donald Trump melakukan kunjungan ke Doha, Qatar pada Rabu, (2/9/2020) untuk bertemu dengan Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani. Dalam pertemuan tersebut, Sheikh Tamim mengatakan bahwa Qatar mendukung solusi dua negara dengan Yerusalem Timur sebagai ibukota Palestina.

“Qatar tetap berkomitmen pada Inisiasi Perdamaian Arab tahun 2002, dimana negara-negara Arab telah menawarkan normalisasi hubungan, sebagai gantinya Israel mengembalikan wilayah Palestina dan penarikan seluruh warga Israel dari wilayah yang dicaplok pada Perang tahun 1967,” ungkap Sheikh Tamim kepada Kushner, seperti dilansir dari Al Jazeera, Kamis, (3/9/2020).

Selama pertemuan berlangsung, mereka meninjau kembali hubungan dekat ke dua negara. Pertemuan itu juga mendiskusikan beberapa permasalahan regional, khususnya proses perdamaian di wilayah Timur Tengah.

Setelah normalisasi hubungan antara Israel-UEA berhasil, Kushner langsung melakukan kunjungan ke negara-negara Arab lainnya untuk membujuk mereka mau menormalisasi hubungan dengan Israel. Dalam lawatannya selama 3 hari ke negara Teluk, Kushner telah mengunjungi UEA, Bahrain, Qatar dan Arab Saudi.

UEA merupakan negara Arab ketiga yang melakukan normalisasi dengan Israel setelah Mesir dan Yordania. Kushner berharap negara Arab lainnya akan mengikuti langkah UEA tersebut. (LBS/MTD)

Sumber : Al Jazeera
Kontributor : Luli Bangkit Sugito
Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here