Qatar : Kami Tidak Akan Berunding dengan Arab Saudi Cs Sampai Blokade Dicabut

2400

Moslemtoday.com : Qatar menegaskan bahwa mereka tidak akan berunding ataupun memulai negosiasi dengan Arab Saudi dan Negara Teluk yang telah memutus hubungan diplomasi dengannya, sebelum Riyadh dan sekutunya mencabut blokade terhadap Qatar.

“Qatar sedang di blokade, tidak akan ada negosiasi. Mereka harus mencabut blokade untuk memulai negosiasi,” tegas Sheikh Muhammad bin Abdulrahman Al Thani kepada wartawan pada hari Senin (19/06), sebagaimana dilansir dari Al Jazeera.

Sheikh Muhammad bin Abdulrahman al-Thani menjelaskan bahwa hingga saat ini pemerintah Qatar belum menerima tuntutan apapun secara resmi dari Arab Saudi, UEA dan Bahrain. “Sampai sekarang kami tidak melihat adanya kemajuan untuk mengakhiri blokade ini, yang menjadi syarat utama untuk menuju meja perundingan,” tambah Sheikh Al-Thani.

“Apa pun yang tidak berhubungan dengan mereka tidak akan kami negosiasikan. Tidak ada yang berhak mencampuri urusan Qatar. Al Jazeera adalah urusan Qatar, kebijakan luar negeri Qatar mengenai isu-isu regional adalah urusan Qatar dan kita tidak akan menegosiasikan urusan kita sendiri,” tambah Sheikh Al-Thani.

Sheikh Al-Thani menambahkan bahwa Qatar akan bergantung pada negara-negara lain jika boikot berlanjut, termasuk saingan regional Arab Saudi, Iran. “Kami memiliki rencana cadangan, terutama pada Turki, Kuwait dan Oman. Iran telah memfasilitasi jalur langit untuk penerbangan kami dan kami bekerja sama dengan semua negara yang dapat menjamin pasokan untuk Qatar,” tegas Sheikh Al-Thani. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here