Qatar Menandatangani Kesepakatan dengan PBB Sumbang $ 8,5 Juta Dolar AS untuk Suriah

1393

Moslemtoday.com : Badan amal Qatar, Qatar Charity menandatangani kesepakatan dengan PBB senilai 8,5 juta dolar Amerika Serikat atau setara Rp. 114 miliar untuk Suriah. Sumbangan itu akan digunakan untuk membiayai pekerja kemanusiaan di Suriah melalui berbagai badan PBB.

Program Pangan Dunia, UNICEF, Organisasi Kesehatan Dunia, badan pengungsi PBB (UNHCR) dan Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) akan menjadi penerima manfaat utama dari dana tersebut, sesuai kesepakatan yang ditandatangani pada hari Sabtu, (8/7/2017) di ibukota Qatar, Doha.

Imran Khan dari Al Jazeera, yang melaporkan langsung dari Doha mengatakan bahwa inisiatif tersebut muncul ketika Qatar membatalkan perayaan hari nasionalnya pada bulan Desember 2016 lalu sebagai solidaritas dengan kota Aleppo, Suriah yang pada saat itu sedang dalam serangan.

“Serangan itu benar-benar membuat beberapa pemimpin badan amal Qatar memutuskan untuk membantu PBB di Suriah, tapi beberapa dari badan amal saat ini menghadapi tekanan Teluk,” Imran menjelaskan.

Pada tanggal 8 Juni, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir mengeluarkan pernyataan bersama dengan merilis 59 individu dan 12 organisasi, dan termasuk di dalamnya Badan Amal Qatar dan Amal Eid sebagai “Teroris”.

Namun PBB menanggapi pernyataan ini dengan mengatakan bahwa mereka hanya menerima “Daftar Teroris” yang keluarkan oleh PBB sendiri, bukan yang dikeluarkan oleh pihak lain. Stephane Dujarric, juru bicara sekretaris jenderal PBB, mengatakan bahwa PBB memiliki kerjasama yang kuat dengan Qatar Charity, termasuk sejumlah proyek gabungan yang sedang dilaksanakan di Yaman , Suriah dan Irak. (DH/MTD)

Video Dokumentasi :

Sumber : Al Jazeera | Weblink : http://www.aljazeera.com/news/2017/07/qatar-charities-sign-deals-worth-85m-syria-170708153415632.html

comments

Loading...

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here